Kamis, 6 Maret 2014

Wow, Yamaha R1 turbo streetfighter tembus 250 hp!

Builder motor sport yang terkenal di negeri Suku Aborigin - Australia yang bernama Extreme Creations (EC) mencatatkan prestasi dunia dalam karya modifikasi moge dunia. Mengusung nama proyek Big Bang R1 Turbo - menjadikan Yamaha YZF R1 lansiran 2009 ini dipasang turbo kit yang bertenaga lebih dari 250 hp.

Yamaha YZF R1 2009

Seperti yang dilansir juga dalam media online otomotif setempat (rapidbikes - Australia). R1 dengan modifikasi ekstrem berturbo ini menjadi motor pertama yang 'dibangun' di dunia. Sosok motor sport full-fairing yang standar pabrikan hanya berbekal tenaga 179,6 hp, kini melonjak menjadi 251,2 hp.

Yamaha YZF R1 Turbo Streetfighter by EC

Untuk hasil yang fantastis itu, EC membuatkan ulang billet plenum yang berfungsi sebagai intercooler. Selain itu juga menyasar bagian secondary injector dan mengkustom ulang fuel rail serta perangkat ECU. Langkah selanjutnya - yang paling penting - yakni memasangkan turbo kit yang terintegrasi langsung di sektor 4-pipa exhaust (lubang buang) mesin 4-silinder R1 ini.

Yamaha YZF R1 Turbo Streetfighter - Billet Plenum - ECU

Untuk memasang turbo kit ini - EC menggunakan part pabrikan seperti Tial stainless exhaust housing yang lebih ringan untuk turbo merk Garrett GT2871 dengan Turbosmart Compgate 40 wastegate. Pemasangan turbo kit ini diakui EC membutuhkan ketepatan, ketelitian dan waktu yang cukup menguras pikiran.

Yamaha YZF R1 Turbo Streetfighter - Exhaust - Turbo Kit

Yamaha YZF R1 Turbo Streetfighter - Swingarm - Billet Aluminium (CNC machined)

Tidak hanya fokus pada sektor performa mesin, seluruh baju atau jubah R1 ditanggalkan oleh EC untuk mendapatkan konsep sebuah sosok sport-naked bike dengan karakter garang khas streetfighter. Headlamp mencomot part dari Yamaha FZ1, suspensi Ohlins, roda dari Carrozzeria, tuner AFR, filter K&N, swingarm dari batangan utuh aluminium (CNC machined) serta triple clamp kustom serta part silincer/muffler dari merk Akaprovic.

Yamaha YZF R1 Turbo Streetfighter

(kpl/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters