Senin, 7 Januari 2013

X5 vs Luxio, bagaikan Tyson vs Pacquiao

Tragedi kecelakaan antara BMW X5 dengan Daihatsu Luxio memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Mobil Luxio yang dikendarai Frans Sirait ditabrak dari belakang oleh BMW X5 milik Rasyid Amrullah, putra bungsu Menko Perekonomian, Hatta Rajasa.

Memang benar-benar tak sebanding jika sebuah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dihantam dari belakang oleh Sport Utility Vehicle (SUV). Jika dilihat dari dimensinya hampir sama, tapi bobot mobil berbeda. Jadi sama saja bagaikan petinju Mike Tyson vs Many Pacquiau.

Meski PT Astra International Daihatsu menyebut bahwa Luxio adalah mobil keluarga yang telah mendapatkan penyempurnaan. Nama Luxio sendiri sengaja dipilih untuk memberi kesan ‘mewah’. Kenyataannya, mobil ini memang lebih mewah dari saudaranya satu platform, yaitu Gran Max minibus atau wagon.

Meski Daihatsu mengklaim bahwa Luxio adalah kendaraan keluarga yang mewah, tetap tak sebanding jika diseruduk jenis mobil SUV, seperti BMW X5. Dipastikan MPV akan rusak parah jika ditabrak mobil sekokoh SUV.

Luxio memang lebih mewah di atas Grand Max, dengan interior yang nyaman dan eksterior yang mewah. Kemewahan terpancar dari chrome front grill dan kombinasi lampu belakang yang penuh gaya. Luxio juga dilengkapi multi-reflector head lamp dengan HID, menjadikan Luxio tampil begitu elegan dan sempurna untuk sebuah kendaraan keluarga.

Namun sekali lagi, dari kemewahannya yang disebut Daihatsu Indonesia sebagai MPV mewah, tetap saja tak bisa dibandingkan dengan kemewahan yang diperlihatkan BMW X5. Karena, BMW dikenal sebagai salah satu produsen mobil di Eropa yang mengutamakan kemewahan pada produknya.

Dari segi harga, Daihatsu Luxio juga tak sebanding dengan BMW X5. Luxio yang diproduksi Daihatsu ini dibanderol Rp 145 juta Rp 180 juta, apakah pantas jika dibandingkan dengan BMW X5 yang memiliki harga di atas 1 miliar rupiah?

Kembali ke tragedi kecelakaan antara Luxio dan X5 di Tol Jagorawi pada awal tahun 2013. Wajar jika Daihatsu Luxio mengalami rusak parah, hingga pintu belakang terbuka serta penumpang terlempar ke luar. Karena material yang digunakan Luxio, kemungkinan kualitasnya masih jauh dibanding material yang dipakai BMW X5. Ditambah lagi, X5 sudah dilengkapi pula dengan fitur keamanan yang canggih.

(kpl/tr/vin)

Rekomendasi untuk kamu: