Kamis, 20 Februari 2014

Yamaha MT-07 2014 si monster gahar

Yamaha MT-07 menjadi jagoan naked-bike dengan tagline MT 'Master's of Torque'. Dia dibekali mesin 689cc twin-silinder yang mampu mencapai kecepatan maksimal 185 kmh.

Sudah hampir tiga bulan lebih lamanya 'adik' dari Yamaha MT-09 ini melanglang buana di pasar global. Pembuktian performa sang monster MT-07 telah banyak digali langsung dari prosesi test ride oleh penggiat roda dua luar negeri.

Dijual di Inggris - Yamaha MT-07 dibanderol seharga £5,199 yang setara Rp 102 jutaan untuk varian standar, sedangkan untuk versi ABS dibanderol dengan harga £5,599 yang setara Rp 110 jutaan.

Mengusung tagline yang disandang di namanya yakni MT yang bermakna 'Master's of Torque'. Benar saja, dari hasil penggeberan si monster ini diketahui bahwa dengan konfigurasi mesin twin-silindernya diperoleh angka torsi yang gahar yakni 68 Nm pada 6500 rpm.

Perlu dicatat bahwa keluarga baru di keluarga MT ini telah mengusung teknologi crossplane crankshaft yang telah hadir dulu dan terbukti di ajang balap internasional yakni Yamaha YZF-R1. Dengan posisi crank di 270 derajat membuatnya handal mendongkrak torsi dan akselerasi yang mantab.

Kecepatan maksimal yang mampu MT-07 raih tembus angka 185 kmh pada jalan datar, dengan catatan pada posisi jalan menurun kecepatan tembus sekitar 198 kmh. Untuk tenaga yang tercatat - sama dengan data spek yang dilampirkan oleh pabrikan yakni sekitar 74 hp pada 9000 rpm. (Berdasarkan test ride yang dilakukan MNC dan Yamaha)

Si monster dengan transmisi 6-percepatan ini mengusung model naked-bike yang nyaris serupa dengan sang kakak - MT-09 namun dengan dimensi bodyworks yang lebih ramping sehingga lebih lincah.

Perpaduan antara bobot mesin yang ringan, sasis kokoh, wheelbase ideal, suspensi handal, rem pakem serta posisi riding yang ergonomis membuatnya sangat mudah dan lincah saat dikendarai. Bobot keseluruhan motor dengan kondisi terisi bahan bakar mencapai kurang lebih 178 kg, angka yang cukup untuk memasukkannya ke dalam jenis moge 'ringan'.

Panel instrument yang nampak pada layar LCD full digital memudahkan pengendara untuk 'mengukur' kekuatan si monster ini. Dengan desain bodyworks yang gahar namun tetap terlihat simpel, menjadi salah satu keunggulannya.

Meski performa MT-07 dapat diraih dengan maksimal, tingkat efisiensi konsumsi bahan bakarnya masih bisa diandalkan. Dari catatan MNC menyebutkan bahwa MT-07 rata-rata per liter mampu menempuh jarak sekitar 14,8 km (14,8 km/l) dengan kondisi jalan yang dinamis. Sedangkan klaim dari Yamaha menyebutkan sekitar 20 km/liter. Untuk kapasitas tangkinya sendiri mencapai sekitar 16,8 liter.

(kpl/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters