Senin, 10 September 2012

Yuk Kenali Ciri-ciri Keaslian STNK

Terkuaknya pemalsuan dan penggandaan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) oleh tim Resmob Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu mengindikasikan adanya peredaran STNK palsu yang telah beredar di masyarakat. Jelas, ini membuat sebagian masyarakat cemas dengan beredarnya STNK palsu.

Sebaiknya, dalam melakukan transaksi jual beli kendaraan, pemeriksaan STNK harus lebih cermat lagi. Sepintas, STNK asli dan palsu memang sulit dibedakan, apalagi bagi orang-orang awam.

Kanit V Resmob Polda Metro Jaya Kompol Indra Siregar yang menangani kasus kali ini mengatakan, jika mencurigai dan untuk memastikan keaslian STNK kendaraan, para pemilik mobil atau sepeda motor bisa memeriksa secara langsung ke Samsat di Direktorat Lalu Lintas masing-masing daerah atau wilayah.

Adapun beberapa ciri-ciri STNK palsu yang dijadikan barang bukti, Indra menjelaskan, bahan kertas yang digunakan tidak sama dan lebih tipis; hologram yang tertempel tidak menyatu dengan kertas, kusam dan tidak timbul; tidak tampak lambang Satlantas bila disorot dengan sinar ultraviolet.

“Sementara, STNK asli memiliki hologram menyatu dengan kertas, timbul dan berbentuk tiga dimensi. “Warna kertas STNK palsu cepat pudar, dan cepat luntur bila terkena air,” jelasnya.

Sumber : Dapurpacu.com

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters