120.000 unit mobil Honda akan diproduksi di pabrik ini

120.000 unit mobil Honda akan diproduksi di pabrik ini

Tak sampai 2 tahun proses pembangunannya, akhirnya PT Honda Prospect Motor punya pabrik baru. Pabrik kedua yang diresmikan (15/1) kemarin oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat ini disebut pihak HPM guna meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia.

Menurut President Director of PT Honda Prospect Motor. Tomoki Uchida pabrik seluas 28 hektar yang terletak di Karawang, Jawa Barat ini untuk memenuhi peningkatan kapasitas produksi yang mencapai 120.000 unit per-tahun. Sehingga, jika digabung dengan pabrik pertama total produksi sebanyak 200.000 unit.

"Dari 120.000 yang diproduksi di pabrik baru ini, 80.000 unit-nya adalah Honda Mobilio yang mulai didistribusikan kepada konsumen," sebut Uchida San.

PT Honda Prospect Motor resmi punya pabrik baru

Uchida San menambahkan, untuk membangun pabrik kedua ini, Honda telah mengucurkan investasi sebesar Rp 3,1 triliun. Dengan hadirnya pabrik baru tersebut, Honda mampu menambah lapangan pekerjaan yang awalnya sebanyak 3.500 karyawan, kini totalnya mencapai 7.500 karyawan.

80.000 unit Mobilio bisa diproduksi di pabrik baru

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, tingginya minat investasi di sektor otomotif menandakan bahwa iklim investasi di Indonesia semakin meningkat dan mampu bersaing dengan negara produsen otomotif lainnya di ASEAN.

"Dengan investasi ini, menjadikan Indonesia basis produksi beberapa model kendaraan merek Honda di ASEAN bahkan dunia saat ini," kata MS. Hidayat.

(kpl/tr/sno)

© PT Topindo Atlas Asia 2024