Sabtu, 18 Juni 2022

3 Tanda Oli Transmisi Harus Diganti!

Pernah mengalami kesulitan saat mengganti gigi atau suara transmisi yang berdengung atau kasar? Itu adalah tanda-tanda bahwa oli transmisi harus diganti. 

Oli transmisi memiliki peranan yang penting, baik pada mobil manual dan terlebih lagi pada mobil matic. Selain menghambat timbulnya karat, oli transmisi juga berfungsi untuk melumasi dan mengurangi gesekan saat proses pergantian gigi. Pada mobil matic, oli transmisi memiliki peranan sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahaan gigi.

Oli Transmisi Manual TOP 1

Pilihan Oli Transmisi Manual TOP 1

Sayangnya tidak semua pemilik mobil memberikan perhatian pada perawatan transmisi mereka. Salah satu penyebabnya adalah karena umur pemakaian oli transmisi yang tergolong cukup panjang. Tak jarang juga yang akhirnya lupa untuk menggantinya pada saat kilometer sudah menunjukkan jarak tertentu.

Akhirnya timbullah sensasi-sensasi seperti suara berdengung dari kompartemen transmisi, sulit untuk melakukan perpindahan gigi serta kesulitan untuk menanjak. Selain itu efek setelahnya juga fatal, seperti kerusakan gigi-gigi transmisi. Tentunya kerusakan ini akan sulit untuk diperbaiki dan memerlukan biaya servis yang cukup mahal.

3 Tanda Harus Ganti Oli Transmisi

Untuk mengetahui kapan oli transmisi harus diganti sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan memperhatikan anjuran pemeliharaan di buku manual. Biasanya penggantian dilakukan setiap 40.000 kilometer, namun kondisi ini bisa dipercepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Untuk oli transmisi mobil manual bahkan bisa dibawah angka 40.000 km, kondisi ini biasanya terjadi untuk mobil-mobil yang rutin dipakai dengan intensitas pergantian gigi yang sering. 

 

Selain itu, ada juga beberapa tanda fisik yang dapat dirasakan dan menjadi pertanda oli transmisi sudah minta untuk diganti.

 

  • Perpindahan Gigi Terasa Berat atau Sulit

 

Oli transmisi yang tidak diganti akan mengalami penurunan kualitas. Akibatnya kemampuannya untuk melumasi komponen menjadi berkurang, perpindahan transmisi akhirnya menjadi sulit. 

 

  • Lampu Engine Check Menyala

 

Fitur mobil keluaran 5 tahun terakhir sudah mempunyai indikator yang mampu memberikan peringatan saat harus mengganti oli transmisi. Bila lampu engine check menyala, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

 

  • Performa Kendaraan Menurun

 

Salah satu fungsi perangkat transmisi adalah untuk secara maksimal mengalirkan tenaga dari mesin ke roda. Oli transmisi yang menurun kualitasnya, akan mengakibatkan performa kendaraan menurun. Bahkan mobil juga bisa gagal menanjak akibat tenaga yang dialirkan tidak maksimal.

Jika tanda-tanda tersebut telah muncul di mobil kesayangan, sebaiknya langsung saja ke bengkel untuk melakukan pergantian oli transmisi. Tentunya sebelum melakukan penggantian wajib juga mengetahui jenis transmisi yang digunakan, apakah manual, otomatis konvensional atau otomatis CVT. Gunakan juga tipe oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Pilihan Oli Transmisi Otomatis Terbaik

Pilihan Oli Transmisi Matic TOP 1
Pilihan Oli Transmisi Matic TOP 1

Salah satu produk oli transmisi yang berada di pasaran dan telah memenuhi berbagai standar yang dikeluarkan pabrikan adalah TOP 1 ATF Series. Setelah lebih dari 40 tahun memproduksi oli mesin sintetik berkualitas tinggi, TOP 1 juga merambah berbagai varian pelumas seperti oli transmisi. Tetap menggunakan bahan dasar  synthetic, kualitas pelumas transmisi TOP 1 selalu terjaga di kualitas terbaik.

TOP 1 ATF Series merupakan salah satu produk oli transmisi yang berbahan dasar fully sintetik dengan beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan spesifikasi mobil. Beragam produk ATF Series adalah sebagai berikut:

  • Evolution MV ATF: Pelumas transmisi otomatis berbahan dasar fully synthetic dan memenuhi spesifikasi WS dan Dexron VI
  • MV ATF:  Pelumas transmisi otomatis non CVT berbahan dasar fully synthetic cocok untuk spesifikasi T-IV, SP-IV, & SP-III
  • Lifetime ATF: Pelumas transmisi semi synthetic untuk mobil matic. Memenuhi spesifikasi Dexron-3
  • ATF CVT: Pelumas transmisi otomatis dengan bahan dasar fully synthetic untuk kendaraan berteknologi CVT.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: