4 Tips Mudah Bikin Tarikan Mesin Enteng!

4 Tips Mudah Bikin Tarikan Mesin Enteng!

Tarikan mesin kurang responsif atau terasa berat umum dirasakan ketika mobil atau motor telah terpakai beberapa waktu. 

Kondisi ini memang tidak mengenakan karena kemampuan untuk selap-selip di tengah kemacetan jadi berkurang. Tenaga menjadi seakan-akan berkurang, sensasi hentakan juga menurun serta mobil menjadi lambat untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Beberapa kondisi mesin seperti penumpukan kerak karbon pada mesin, kopling yang sudah tipis, hingga pemilihan oli dan bahan bakar dapat menjadi penyebabnya. Itulah mengapa sebagai pemilik mobil atau motor, wajib melakukan pemeriksaan rutin sesuai dengan anjuran dari pabrikan.

Saat mesin mobil ataupun motor sudah dipakai cukup jauh, biasanya terdapat beberapa komponen atau kondisi yang sudah tidak sesuai dengan batas toleransi. Misalnya kondisi kepala busi yang sudah tidak lagi bersih sehingga pembakaran menjadi buruk. Pada saat melakukan service rutin, kondisi ini dapat diantisipasi dan diperbaiki secepat mungkin.

Agar terhindar dari berbagai kerugian akibat kurangnya perawatan, ada baiknya melakukan service rutin. Terdapat juga beberapa tips yang harus diperhatikan agar mesin kendaraan dapat lari lebih enteng dalam kondisi harian.

4 Tips Tarikan Mesin Enteng

Sebetulnya ada banyak tips untuk dapat merawat dan mempertahankan kondisi kesehatan mesin. Terutama agar tarikan mesin tetap enteng atau agar mesin dapat kembali prima seperti pada awal beli. Kali ini ada 4 tips yang mudah dan cukup terjangkau untuk mencapai hasil yang diinginkan.

1. Selalu Cek Kebersihan Ruang Bakar

Salah satu masalah yang sering kali membuat tarikan mesin menjadi berat adalah ruang bakar yang kotor. Tebalnya kerak karbon pada ruang bakar dan juga sludge atau lumpur mesin bisa membuat kinerja mesin menjadi berat. Lakukan carbon cleaning serta engine flush untuk membersihkan kerak dan lumpur oli mesin, jangan lupa konsultasikan juga kebutuhan ini dengan mekanik kepercayaan.

2. Pastikan Kondisi Rem Dalam Kondisi Sehat

Selain mesin, bagian kaki-kaki khususnya pengereman juga memiliki peran yang besar dari terhambatnya tenaga teralirkan secara maksimal. Kondisi rem yang kotor dapat membuat kaliper menjadi terkunci pada posisi mengerem. Akibatnya tenaga yang dikeluarkan untuk mencapai kecepatan yang diinginkan menjadi terlalu besar, tarikan juga otomatis menjadi berat. Jadi pastikan kondisi rem bersih dan berfungsi normal.

3. Gunakan Oli Yang Tepat Dan Berkualitas

Oli yang digunakan  juga berpengaruh terhadap performa dan respon mesin. Oli yang terlalu kental dapat membuat sensasi tarikan menjadi lambat dan terasa berat. Oleh karena itu pastikan untuk memakai tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Jangan lupa gunakan juga oli yang memiliki kadar sintetik yang tinggi atau 100% sintetik.

4. Jaga Kampas Kopling Jangan Sampai Habis

Kampas kopling yang tipis bisa menyebabkan sensasi mesin yang berat dan diiringi dengan suara gerungan mesin. Kondisi ini terjadi karena flywheel dan kopling tidak dapat mencengkram secara maksimal. Maka dari itu penting untuk mengecek dan melakukan penggantian kopling secara berkala.

Oli Sintetik Dengan Kandungan Ester

TOP 1 Zenzation merupakan oli semi sintetik yang telah ditingkatkan kualitasnya dengan adanya aditif berupa Ester yang biasa digunakan oleh mesin-mesin Mobil balap. TOP 1 merupakan produsen oli sintetik asal Amerika yang telah lebih dari 40 tahun dan telah memasarkan produk-produk unggulannya di berbagai negara.

TOP 1 Zenzation Series adalah salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik yang mampu membuat kinerja semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Dengan API SN dan CJ yang sudah disesuaikan dengan teknologi mesin terbaru yang berada di pasaran. Berbagai keunggulan TOP 1 Zenzation lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui toko online Shopee resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024