Senin, 3 Januari 2022

Anti Bingung, Ini Tanda Harus Ganti Oli Mobil!

Beberapa tindakan yang sederhana dapat membantu untuk mencegah kerusakan parah pada mesin mobil terutama di masa yang akan datang. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan penggantian oli mesin.

 

Sayangnya pemilik mobil kadang enggan atau tidak mengetahui waktu yang pas untuk mengganti pelumas kendaraan. Enggan mengganti oli dapat berakibat fatal bahkan hingga turun mesin, kebiasaan buruk ini harus segera diubah. Lain hal kalau pemilik tidak mengetahui waktu yang tepat  serta tanda-tanda mobil kesayangan harus ganti oli. 

 

Beberapa ciri sebenarnya dapat dirasakan dan diamati tanpa adanya alat bantu sama sekali. Cukup menggunakan panca indera, mobil pun bisa diselamatkan dari bahaya keterlambatan penggantian oli. Supaya terhindar dari berbagai kerugian terlambat mengganti oli coba perhatikan beberapa hal ini.

Ini Tandanya Harus Ganti Oli Mobil

Kerugian yang ditimbulkan dari keterlambatan mengganti oli sangat beragam, mulai dari performa yang menurun bahkan hingga ke tahap serius yaitu turun mesin! Berikut adalah beberapa ciri yang bisa menjadi tanda awal untuk mempersiapkan penggantian oli:

 

1. Tarikan Terasa Berat

Oli pada mesin memiliki peran untuk melumasi komponen mesin sehingga dapat bekerja minim hambatan. Pada oli yang kualitasnya sudah menurun, fungsi pelumasan juga berkurang. Akibatnya kinerja mesin terasa berat dan akselerasi pun menurun.

 

2. Suara Kasar Pada Mesin

Oli memberikan perlindungan agar komponen tidak bergesekan secara langsung. Oli yang mengalami penurunan kualitas, tidak mampu melekat pada komponen pada saat mesin dimatikan. Akibatnya jika mesin mati dalam waktu yang lama, suara yang kasar akan timbul saat mesin hidup untuk pertama kalinya.

 

3. Oli Berwarna Hitam Pekat

Sesekali cobalah untuk melakukan pengetesan volume dan warna oli dengan menggunakan dipstick atau tongkat pengukur yang ada di mesin. Jika warna oli sudah hitam pekat dan volumenya sudah berkurang di bawah batas wajar segeralah ganti oli.

 

TOP 1 Evolution Oli Full Sintetik

Penggunaan oli full sintetik mampu memberikan perlindungan yang terbaik bagi mesin mobil. Kemampuannya untuk melapisi dan melekat pada permukaan logam, mampu memberikan sensasi yang halus saat berkendara bahkan sejak awal mesin dihidupkan. TOP 1 Evolution merupakan rekomendasi oli full sintetik yang berada di pasaran saat ini.

 

TOP 1 adalah salah satu produsen oli asal Amerika Serikat yang telah memasarkan produknya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Beberapa teknologi lain yang terdapat pada TOP 1 Evolution adalah:

  • Ester Fortified: Respon mesin yang sempurna bahkan sejak awal mesin dihidupkan.
  • X-treme Low Shear: Menciptakan lapisan tangguh dalam kondisi ekstrim dan tekanan tinggi
  • 100% Synthetic Oil: Memberikan performa maksimal dan perlindungan yang menyeluruh

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: