Kamis, 17 Maret 2022

Apa Itu Oli Mobil Manual

Perawatan merupakan hal yang kerap dilupakan oleh semua orang, baik pemilik motor maupun mobil. Memang motor lebih banyak di Indonesia mengingat harga yang murah sehingga terjangkau untuk semua kalangan.

Meskipun demikian, mobil menjadi salah satu transportasi yang membutuhkan banyak bagian untuk perawatan rutin. Bila motor mungkin hanya membutuhkan oli mesin, untuk mobil banyak hal yang dibutuhkan di setiap bagian.

Sebagai contoh, oli mobil untuk manual pun ada tapi bukan sebagai oli mesin. Karena memang oli bagian power steering, minyak rem, radiator, oli mesin, oli gardan, hingga oli transmisi itu sendiri dibutuhkan pada mobil.

Banyak pula yang bingung ketika membahas oli mesin di mobil, apakah ada tipe oli khusus untuk transmisi manual?

Apakah Ada Oli Mesin Khusus Mobil Manual?

Sebenarnya tidak ada oli mesin khusus untuk mobil manual. Namun ada bagian yang khusus terkait barang perawatan untuk oli mobil manual yaitu pada bagian transmisi.

Untuk kendaraan, oli transmisi merupakan hal yang dipisahkan baik untuk tipe manual maupun matic. Memang hal tersebut penting karena bentuk mesin dan gigi rotari yang ada di kedua transmisi sangat berbeda.

Oli transmisi bekerja dengan melumasi gir percepatan, synchromesh dan berbagai komponen lain untuk mencegah keausan setiap komponen. Untuk penggantian oli transmisi manual, biaya yang harus dikeluarkan tidak besar, karena oli transmisi biasanya hanya membutuhkan 1 liter hingga 1,2 liter oli saja.

Rekomendasi Oli Mobil Manual

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa oli mesin mobil manual memang tidak ada. Namun secara spesifik untuk oli transmisi memang ada. Kebutuhannya juga tidak terlalu mahal, berbeda dengan oli mesin yang sangat penting diganti.

Sebagai referensi, berikut beberapa pilihan oli mobil yang aman untuk mesin maupun bagian transmisi mobil manual.

TOP 1 Zenzation

TOP 1 merupakan salah satu merek oli dari produsen perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di California. TOP 1 Oil sudah memasarkan produknya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

Kualitas oli satu ini sangat baik untuk menjaga kinerja mesin mobil hatchback tetap optimal di berbagai kondisi jalan.

Kandungan TOP 1 Zenzation bisa menjaga mesin dalam waktu yang lebih lama dan melindungi lebih menyeluruh. Apalagi kandungan oli sintetiknya terbukti lebih awet, tidak mudah menguap, dan menjaga tarikan mesin lebih nyaman.

Teknologinya juga membuat kondisi mesin mobil hatchback lebih dimanjakan, apalagi dengan aditif khusus yang mengatur perpindahan transmisi menjadi nyaman serta minim endapan di mesin.

Berikut berbagai teknologi yang tersedia pada produk TOP 1 Zenzation, antara lain:

  • Ester Fortified: Memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pelumas motor Jepang.
  • Exceed Euro 6 Standard: Menjaga dan merawat kebersihan mesin dengan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
  • Max TBN: Menghasilkan perlindungan yang lebih tahan lama karena memiliki kadar sintetik yang lebih tinggi.

 

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: