Apa itu Uji Emisi?

Apa itu Uji Emisi?

Berbagai anjuran serta wacana pemerintah untuk lebih mengetatkan penegakan peraturan tentang uji emisi mulai digaungkan. Salah satunya adalah pemerintah daerah DKI Jakarta, yang tengah mengkaji untuk mewajibkan seluruh kendaraan bermotor di wilayahnya untuk lulus uji emisi. 

Serangkaian rapat untuk mengkoordinasi berbagai bengkel dan instansi terkait tengah dilakukan untuk mematangkan rencana wajib uji emisi ini. Bagi kendaraan yang tidak lolos atau belum melaksanakan uji emisi pada batas waktu yang ditentukan dapat dikenakan sanksi berupa tilang!

Uji emisi sendiri sebetulnya bermanfaat bagi pengguna kendaraan. Mereka jadi mengetahui kondisi sistem pembakaran mesin mereka dan langkah apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas efisiensi pembakaran pada kendaraan mereka. Rendahnya kesadaran untuk melakukan uji emisi tampaknya terjadi karena pengetahuan yang minim mengenai apa itu uji emisi.

Apa Itu Uji Emisi?

Secara sederhana uji emisi merupakan serangkaian tes untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran pada mesin kendaraan. Pengujian dilakukan dengan memasukan alat ukur ke knalpot kendaraan saat mesin dalam keadaan menyala. Alat tersebut mengukur beberapa zat yang terkandung dalam gas buang.

Adapun beberapa kandungan yang diuji antara lain adalah karbon monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Karbon Dioksida (CO2), Oksigen (O2) dan Nitrogen Oksida (NO). Pemerintah telah menetapkan ambang batas dari masing-masing zat tersebut agar bisa dinyatakan lolos uji emisi. 

Selain untuk mematuhi peraturan pemerintah, melakukan uji emisi ternyata juga berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Uji emisi bertujuan untuk menekan angka polusi udara yang terbentuk akibat penggunaan kendaraan bermotor. Selain itu bagi pengguna kendaraan sendiri, uji emisi dapat memberikan informasi tentang kendaraan mereka apakah betul-betul layak jalan atau tidak.

Rawat Mesin Mobil Agar Lolos Uji Emisi

Mobil yang dirawat dengan baik dapat dipastikan memiliki kualitas ‘jeroan’ yang sehat, sehingga mampu untuk memberikan efisiensi pembakaran yang bagus. Mengganti oli secara rutin merupakan cara merawat mobil yang paling sederhana dan gampang untuk dilakukan.

TOP 1 Zenzation merupakan salah satu produk oli sintetik yang mampu melindungi dan membersihkan mesin mobil hingga ke celah-celah tersempit. Kinerja mesin semakin maksimal dan kenyamanan berkendara semakin mudah dirasakan.

Selain itu TOP 1 Zenzation juga diformulasikan khusus untuk mobil-mobil modern, dengan menambahkan berbagai teknologi yang mampu melindungi, memaksimalkan dan merawat mobil kesayangan. Selain itu dengan berbagai aditifnya membuat mesin mobil lebih bersih dan terhindar dari kerak. Beberapa keunggulan TOP 1 Zenzation adalah sebagai berikut:

  • Exceed Euro 6 Standard: Emisi gas buang lebih rendah, daya dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.
  • MAX TBN: Teknologi anti korosi yang mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap karat.
  • Ester Fortified: Aditif yang memaksimalkan kinerja mesin, menghadirkan respon yang sempurna semenjak awal mesin dihidupkan.

Dengan berbagai keunggulan dan keuntungannya, merawat mobil dengan mengganti Oli pakai TOP 1 Zenzation memang cara terbaik dan termudah. Jadi jangan ragu lagi, langsung saja dapatkan TOP 1 Zenzation di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024