Beberapa Macam Oli yang Diperlukan oleh Mobil

Beberapa Macam Oli yang Diperlukan oleh Mobil

Anda perlu tahu bahwa mobil membutuhkan beberapa jenis oli sebagai pelumas mesin. Tentu, oli mobil memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Selain itu, bahan dasar dan aditif setiap jenis oli memiliki bahan dasar yang berbeda. Susunan setiap komponen mobil jauh lebih kompleks dari sepeda motor. Oleh karena itu, mobil membutuhkan tidak hanya satu jenis oli karena menyesuaikan kebutuhan setiap komponen.

 

Untuk melumasi sistem mesin, mobil memerlukan lima jenis oli yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain itu, kelima jenis oli mobil ini perlu diperiksa dan diganti secara rutin karena merupakan pelumas penting. Jika tidak, kerusakan akan terjadi karena keterlambatan penggantian oli.

 

Agar mobilmu lebih terawat, sebaiknya Anda wajib tahu beragam oli di dalam sistem sebuah mobil. Apa saja jenis oli yang perlu Anda tahu?

 

Oli Mesin Mobil

Mesin mobil wajib dilumasi oleh oli terbaik secara rutin dan berkala. Pengetahuan akan mesin mobil merupakan hal dasar yang perlu dipelajari. Anda perlu menentukan jenis oli apa yang paling tepat untuk mobil Anda.

 

Seperti yang kita tahu, jenis oli mobil terbagi tiga, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli sintetik. Biasanya, pemakaian oli ini disesuaikan oleh tahun keluar dan atau teknologi serta spesifikasi mobil Anda sendiri. Makin canggih suatu spesifikasi mobil, maka Anda disarankan untuk menggunakan oli sintetik terbaik. Penggunaan jenis oli ini perlu didiskusikan oleh montir Anda atau membaca buku panduan.

 

Ganti oli mobil Anda secara rutin agar kinerja dan performa mobil selalu dalam kondisi terbaiknya. Gunakan juga Oli Top 1 untuk mobil Anda.

 

Oli Gardan

 

Mobil juga memiliki oli gardan yang perlu diganti. Oli gardan memang tidak terlihat secara kasat mata dari luar. Letaknya ada di bagian bawah mobil. Fungsi gardan ini adalah penghubung antara transmisi dan gardan agar kemampuan kerja mesin menjadi lebih halus dan bebas hambatan.

 

Ganti oli mobil gardan juga harus secara rutin. Hal ini penting sekali karena jika Anda sudah mendengar suara dengung pada transmisi dan gardan, maka bisa dipastikan ada komponen yang rusak di dalamnya. Biaya untuk perawatan mengganti gir tersebut sangatlah mahal. Oleh karena itu, ganti oli gardan secara berkala kira-kira setiap mobil Anda memakan jarak tempuh 10.000-20.000 KM. Namun itu semua tergantung dengan pemakaian mobil Anda.

 

 

Oli Transmisi

 

Oli transmisi merupakan cairan yang berfungsi untuk melumasi sistem transmisi gigi mobil Anda. Penggantian gigi mobil akan sangat halus dan lembut serta memudahkan Anda. Yang paling penting, oli ini dapat merawat komponen di dalam sistem agar tidak mudah rusak.

Oli transmisi juga termasuk oli yang harus diperiksa secara rutin.

 

Baik mobil matic maupun manual, memerlukan oli transmisi ini. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan jenis oli transmisi yang pas bagi mobil Anda.

 

Oli Stir (Power Steering)

Biasanya, power steering itu menggunakan sistem hidrolik. Kadang kala, hal ini justru membawa banyak masalah jika tidak cermat dalam mengganti oli secara tepat. Jika stir Anda terasa berat, maka Anda perlu was-was. Itu berarti oli harus segera diganti.

 

Oli stir mempermudah Anda untuk mengendalikan mobil Anda. Anda juga harus cermat dalam mengganti dan memilih oli stir. Pengisian dan penggantiannya mesti cukup dan pas. Lebih baik kurang sedikit daripada berlebihan. Jika Anda melewati batas maksimum, Anda akan merasa adanya tekanan berlebih ketika mobil berjalan. Tentu hal itu tidak bagus dan menimbulkan masalah.

 

Warna oli stir juga mempengaruhi kondisi oli tersebut bagus atau tidak. Oli yang baik biasanya berwarna sedikit merah muda atau bahkan oranye. Periksa dulu warna oli sebelum membeli. Jangan membeli oli dengan kualitas rendah dan tidak sesuai standard.

 

Baca juga: Travelling Ke Luar Negeri, Begini Cara Membuat Paspor Online

 

Gunakan oli Top 1 Power Steering Fluid untuk oli stir mobil Anda. Oli stir dengan teknologi termutakhir ini akan menjaga dan merawat sistem stir mobil menjadi lebih baik dan tahan lama. Oli ini memiliki beberapa kelebihan di antara lain: ada campuran SYNGEN 2000 dan zat aditif yang menyediakan oksidasi dan stabil thermal yang baik, adanya kontrol terhadap gesekan, kemampuan membawa beban yang bagus, serta proteksi terhadap korosi.

 

Oli Rem

 

Jangan sampai luput untuk mengganti oli rem secara berkala. Oli rem mesti pas dan cukup sehingga penarikan cakram lebih maksimal. Anda disarankan untuk menggunakan jenis oli rem yang dapat melindungi komponen dari risiko berkarat.

 

Penggantian oli rem normalnya dilakukan setiap dua hingga tiga tahun sekali tergantung pemakaian kendaraan. Pengisian oli rem juga mesti pas agar tidak terjadi masalah yang merembet. Sama halnya seperti oli stir, kadar bagus dan sehat sebuah oli diukur dari warnanya. Jika oli rem berwarna kuning muda dan atau jernih, maka oli tersebut layak pakai. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan setiap aspek penggantian oli rem agar Anda selalu aman dan nyaman di jalan.

 

Itulah lima macam oli yang diperlukan oleh mobil dan wajib diganti secara rutin dan berkala.

 

Gunakan Selalu Oli Top 1

 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024