Kamis, 22 Juli 2021

Bolehkah Pakai Oli Motor Untuk Mobil? Berikut Dampaknya Untuk Mesin

Banyaknya tipe oli membuat beberapa orang yang awam menganggap bahwa isinya sama saja? Faktanya tidak demikian, apalagi oli motor tidak bisa untuk mobil begitu juga sebaliknya

Ada beberapa alasan, yang pastinya penggunaan oli lintas transportasi tersebut akan merugikan secara berkala, baik jangka pendek maupun panjang. Perlu diketahui bahwa motor yang sehat harus menggunakan spesifikasi yang disarankan, begitu juga mobil.

Biasanya pihak pabrikan akan memberikan pedoman untuk pengendara, fungsinya agar mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh mobil tersebut yang pastinya akan merubah kinerja kendaraan.

Berikut penjelasan mengenai penggunaan oli motor untuk mobil, langsung simak yuk sob!

Bolehkah Oli Motor Untuk Mobil?

Semakin majunya teknologi membawa beragam manfaat baru, termasuk pada oli mesin kendaraan. Teknologi seperti Ester mampu menjaga dan melapisi kendaraan sejak pertama kali mesin dinyalakan, namun apakah oli bisa digunakan sembarang tempat?

Product Development & Technical Support TOP 1 Indonesia, Lucky Elfano menjawab tentang penggunaan oli untuk berbagai kebutuhan kendaraan, seperti motor untuk mobil.

BACA JUGA: Bolehkah Campur Oli Beda Merek? Ternyata Ini Dampaknya Untuk Mesin

“Untuk oli motor ke mobil tidak diperbolehkan karena ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan seperti TBN (Total Base Number) untuk motor itu jauh lebih rendah dibandingkan untuk mobil.”

TBN atau Total Base Number sendiri merupakan satuan ukuran aditif dalam oli yang berfungsi untuk melawan efek korosi, maka dari itu oli juga diberikan aditif yang bersifat keasaman.

Aditif yang kerap digunakan sendiri ada berbagai macam seperti kalsium sulfonat, magnesium sulfonat, fenol, dan lain sebagainya.

Fungsi Aditif Pada Oli

Ada juga fungsi aditif yang berbeda di masing-masing jenis oli, maka dari itu tidak disarankan menggunakan jenis oli motor pada mobil, begitu juga sebaliknya.

Tingginya TBN di mobil sangat berbeda dengan kualitas TBN yang lebih rendah untuk motor. Semakin tinggi TBN juga baik untuk menetralisir kontaminan pada oli.

“Memang fungsinya dibuat sedemikian rupa karena oksidasi, jadi memang oli motor punya tingkat TBN yang lebih rendah dibandingkan oli mobil. Maka kami tidak menyarankan penggunaan oli beda kendaraan, apalagi oli juga sudah tersedia di macam tempat jadi seharusnya tidak sulit untuk ditemui,” jelas Lucky.

Selalu percayakan dan gunakan oli sesuai jenisnya, seperti oli TOP 1 yang tersedia untuk berbagai macam tipe kendaraan baik motor matic dan manual, mobil bensin maupun diesel, dan lain sebagainya!

Jadi, mulai percayakan oli mobil kamu dengan produk-produk terbaik dari TOP 1 yang ada di bengkel-bengkel kesayangan kamu!

Atau mau ganti sendiri? Bisa banget kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet sob!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: