Kamis, 25 April 2019

Cara Ganti Filter Oli Motor Yang Mudah

Filter oli motor merupakan salah satu part yang sangat penting dalam menunjang kinerja oli mesin, lantas bagaimana cara yang baik untuk ganti filter oli motor?

Jika kita tidak mengganti filter oli motor maka serpihan kotoran yang terbawa aliran oli akan ikut melumasi komponen mesin.

Jika ini terjadi, maka komponen mesin akan baret dan menimbulkan bunyi kasar. Contohnya antara piston dan blok silinder, jika ada sepihan kerak atau kotoran masuk kesela antara dua komponen ini dalam posisi piston bekerja maka akan ada baret entah pada permukaan piston atau pada silinder.

Jika sudah baret, gejala kompresi turun akan muncul dan menimbulkan tenaga motor kita lemah serta ada asap putih dari knalpot.

Selain dari piston dan silinder, komponen lain yang berpotensi rusak adalah ;

  • Camshaft
  • Crankshaft
  • Rocker arm
  • Engine overheat

Baca Juga : Berapa KM Interval Ganti Filter Oli Yang Ideal 

 

Lantas, bagaimana cara mengganti filter oli motor ?


Filter oli terletak didalam aliran sistem pelumas mesin. Untuk menggantinya, pertama kita harus menemukan dimana letak filter oli itu.

Ada dua tipe filter oli yakni

  • Tipe kertas, tipe ini menggunakan elemen kertas berbentuk silinder yang dimasukan kedalam komponen mesin. Biasanya ada cover yang dibaut dengan 3 buah baut yang menutupi filter ini.
  • Tipe kaleng, ini sebenarnya sama tapi sudah dibuat lebih praktis. Tipe ini biasanya tidak diletakan didalam mesin melainkan diluar mesin sehingga kita mudah menemukannya.
  • Jika sudah ditemukan lokasi filternya, maka langsung buka penutup filternya menggunakan kunci. Biasanya ada tiga buah baut yang mengikat penutup ini
  • Untuk filter penggantinya, anda bisa menggunakan jenis filter original atau after sales. Harga filter ini juga tidak mahal, paling sekitar 30 hingga 70 ribu anda sudah bisa mendapatkan satu set filter oli terbaik.

Baca Juga : Oli TOP1 Evolution Matic, Oli Sintetik Terbaik Untuk Yamaha NMax dan Honda PCX


Sebaiknya penggantian filter oli motor harus diganti bersamaan dengan penggantian oli motor.

Ada pun rekomendasi oli terbaik untuk motor sport/bebek, bisa menggunakan oli TOP1 MC Series. TOP1 MC Series mampu memberikan perlindungan terhadap panas dan gesekan berat pada silinder; sehingga proses pelumasan terjadi secara maksimal dan lebih tahan lama

Adapun daftar lengkap keunggulan TOP1 MC Series sebagai berikut :

  1. Perpindahan gigi lebih mudah

TOP 1 MC Series menggunakan standar terbaru dari JASO, yaitu JASO MA2:2016 yang memberikan koefisien gesek lebih bagus sehingga mempermudah perpindahan gigi pada kendaraan.

  1. Usia pakai lebih lama

TOP 1 MC Series diformulasikan dengan kadar sintetik lebih banyak, sehingga lebih stabil, kadar penguapan lebih rendah dan usia pakai lebih lama.

  1. Lebih tahan terhadap korosi/karat

TOP 1 MC Series memiliki nilai TBN yang tinggi sehingga perlindungan komponen mesin dari resiko karat menjadi lebih maksimal

  1. Perlindungan maksimum di berbagai kondisi temperatur

TOP 1 SMO Series memiliki Indeks Viskositas yang lebih tinggi dibanding pelumas sejenis di kelasnya yang membuatnya lebih tahan bekerja pada kondisi temperatur ekstrim.

Rekomendasi untuk kamu: