Cara Mudah Ganti Oli Motor Matic, Tanpa Perlu Ribet ke Bengkel

Cara Mudah Ganti Oli Motor Matic, Tanpa Perlu Ribet ke Bengkel

Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih membawa motor matic kesayangannya ke bengkel untuk melakukan penggantian oli, padahal mengganti oli sendiri cukup mudah lho, bahkan anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Sebelum melakukan penggantian oli motor matic, kamu perlu menyiapkan alat-alat berikut ini :

  1. Kunci 12, fungsinya untuk membuka baut tangki oli
  2. Bak atau ember penampung
  3. Corong
  4. Tang
  5. Oli dengan kode Jaso MB yang dikhususkan untuk motor matic

 

Baca Juga : Cara Memilih Oli Mesin Motor Matic Terbaik, Perhatikan Kode Ini

 

Setelah anda menyiapkan alat-alat diatas, kamu tinggal mengikuti langkah langkah berikut ini :

  1. Letakkan ember penampungan oli dibagian bawah blok mesin motor matic anda, lalu buka baut bawah mesin menggunakan kunci ukuran 12, lalu biarkan oli bekas anda mengalir keluar hingga tetes terakhir
  2. Setelah oli bekas terbuang, pasang kembali baut tangki penampungan oli menggunakan kunci 12, lalu buang oli bekas kamu. Sebaiknya oli bekas dibuang dipermukaan kering berpasit yang jauh dari tumbuhan dan sumber air mengalir
  3. Buka penutup tempat pengisian oli menggunakan tang, pada umumnya letak katup penutup pengisian oli ada disisi kanan kendaraan berdekatan dengan tempat injakan penumpang.
  4. Siapkan oli dengan kode JASO MB yang diformulasikan khusus untuk motor matic, ada baikknya untuk motor-motor matic terbaru pastikan anda menggunakan oli berbahan dasar synthetic seperti TOP 1 Action Matic yang memiliki masa pakai lebih lama dan mampu melindungi seluruh bagian mesin bahkan hingga celah terkecil sekalipun.
  5. Tuang oli sesuai kapasitas dan spesifikasi motor matic anda, sebagai contoh motor Nmax membutuhkan oli 1 Liter dengan kode viskositas 10W-40, berbeda dengan oli Honda BeAT yang hanya membutuhkan oli 0.8 L dengan kode viskositas 10W-30.
  6. Setelah seluruh oli matic anda tertuang habis kedalam mesin, tutup kembali katup penutup oli menggunakan tang

 

Baca Juga : Oli Honda Beat Esp Terbaik dan Yang Bagus Untuk Mesin Injeksi

 

7, TARAAA! Selamat anda telah berhasil mengganti oli motor matic anda sendiri tanpa perlu capek-capek ke bengkel

Itulah tadi cara lengkap mengganti oli motor matic anda sendiri di Rumah, mulai sekarang jangan malas dan jangan kelupaan untuk mengganti oli motor matic anda secara teratur ya!

© PT Topindo Atlas Asia 2024