Jumat, 23 Juli 2021

Ini Manfaat Mencampur Oli Samping dengan Bensin, Ada Efek Samping?

Tak jarang saat perjalanan jauh pengendara motor kerap kali mencampur oli samping ke dalam tangki bensinnya.

Tetapi ada juga yang menggunakan taktik ini untuk pemakaian harian. Biasanya takaran campuran oli samping untuk harian akan jauh lebih sedikit.

Ternyata, menurut Opik selaku pemilik bengkel Mustika Motor mengungkapkan bahwa terdapat beberapa manfaat saat mencampur oli samping ke dalam tangki bensin. Salah satunya yaitu untuk mencegah agar tangki bersih dari karat.

Karena ketika tangki tidak dicampur oli samping, biasanya akan menggunakan bensin murni atau pertamax murni yang mengakibatkan timbulnya karat dan akhirnya rembes ke bawah motor.

Selain itu, kotoran pun juga jadi menumpuk yang berakibat tangki menjadi keropos.

Fungsi lain dari mencampur oli samping bensin adalah agar suara motor menjadi halus dan tidak mengeluarkan suara kasar.

Suara kasar itu ditimbulkan dari tersumbatnya di blok seher.

Karena itu lah tujuan dicampurnya oli samping ke tangki bensin agar pelumasan di blok seher dapat lebih bagus. Sehingga tidak hanya berfokus pada pompa oli. Ketika hanya fokus di pompa oli justru beresiko oli tidak naik ke pompa dan menimbulkan suara berisik atau kasar.

Pada dasarnya pencampuran oli samping bensin sah-sah saja dilakukan. Tetapi perlu diingat untuk tidak menuangkannya terlalu banyak. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jika kamu menuangkan oli samping terlalu banyak, hal itu membuat knalpot kamu ngebul lebih banyak dari biasanya.

Kalau kamu masih punya pompa oli paling tidak gunakan dua tutup botol saja. Tetapi, bagi kamu yang tidak punya pompa oli, kamu bisa memanfaatkan botol larutan kecil.

Nah, satu hal lagi yang perlu kamu ingat saat menuangkan oli ke tangki biasakan untuk sambil menggoyangkan motor.

BACA JUGA: Bolehkah Pakai Oli Motor Untuk Mobil? Berikut Dampaknya Untuk Mesin

Bukan tanpa tujuan, itu dilakukan agar oli samping dapat turun menyebar tidak hanya mengendap di bawah saja.

Namun, hal itu tetap tidak disarankan karena masing-masing oli memiliki kandungan yang berbeda sehingga berpotensi untuk merusak mesin kendaraan. Yang jelas tetap menggunakan oli samping berkualitas untuk motor, tapi apa pilihan yang tepat?

TOP 1 2T Low Smoke merupakan oli samping motor terbaik yang cocok dan bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan kendaraanmu serta menjaga kinerja mesin tetap berjalan optimal. 

Dengan memilih oli 2-Tak yang pas serta menjadi prioritas, apalagi dengan fitur yang bisa kamu dapatkan seperti Ester Fortified dan teknologi lainnya.

Mau coba ganti sendiri? Bisa banget sob! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: