Kamis, 16 Juni 2022

Ini Pentingnya Mengganti Oli Filter Mesin Mobil!

Bagi para pemilik mobil, biasanya banyak nih yang suka menolak penggantian bagian ini saat melakukan penggantian oli.

Filter oli memang nampaknya menjadi bagian yang tidak terlalu mendesak untuk diganti dan sering dianggap hanya menambah komponen pembiayaan. Sehingga tak jarang juga yang mengakalinya dengan menunda penggantian filter oli.

Ada yang menjadwalkan penggantian sekitar dua kali penggantian oli baru mengganti filternya. Namun ada juga yang menunda hingga beberapa kali, sebelum akhirnya memutuskan mengganti filternya.

Tak jarang ada juga yang beranggapan bahwa penggantian filter oli setiap kali mengganti oli hanyalah akal-akalan pihak bengkel agar jumlah pembelian oleh konsumen bertambah. 

Anggapan tersebut tentu tidak tepat terutama karena filter oli memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga sistem sirkulasi oli mesin agar tetap optimal. Selain itu sesuai dengan anjuran dari pabrikan kendaraan, filter oli memang sebaiknya diganti secara berkala.

Simak penjelasan singkat ini agar lebih paham akan fungsi serta mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian filter oli secara tepat.

Berbagai Fungsi Filter Oli Mesin

Letak yang tersembunyi dan ukuran yang tergolong kecil kadang membuat filter oli menjadi tidak terperhatikan. Apa lagi fungsinya kadang tidak diketahui atau disepelekan. Agar tidak salah kaprah, berikut adalah tiga fungsi utama filter oli:

 

 

  • Menjaga Kebersihan Mesin

 

Sesuai namanya, tugas utama filter oli adalah menyaring kotoran-kotoran yang terperangkap oleh oli mesin akibat proses pembakaran pada mesin. Selama mesin dihidupkan, oli berulang kali disirkulasi ke seluruh bagian mesin. 

 

Jika filter oli kotor atau bahkan rusak, maka kotoran seperti gram besi serta kontaminan lain akan mudah masuk ke mesin. Keadaan ini dapat menyebabkan kinerja pelumasan berkurang bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

 

 

  • Merawat Mesin

 

Keberadaan filter oli juga membuat kondisi mesin dan komponen-komponen di dalamnya akan lebih terawat. Oli yang tersirkulasi secara berulang-ulang sangat mungkin menjadi kotor. 

Filter oli menjaga agar oli yang kembali ke mesin selalu tetap bersih, sehingga fungsi pelumas dapat berjalan dengan baik. Filter oli yang sudah kotor atau rusak dapat menyebabkan komponen-komponen mesin lainnya terancam kerusakan. Tentunya mengganti komponen mesin lain lebih mahal ketimbang harga filter oli.

 

 

  • Melancarkan Distribusi Oli

 

Oli yang bersih akibat telah tersaring oleh filter berakibat proses distribusi oli juga semakin lancar. Lancarnya proses distribusi dapat membuat performa mesin tetap terjaga.

 

Setelah mengetahui pentingnya fungsi filter oli, ada baiknya untuk melakukan penggantian filter oli secara berkala. Biasanya penggantian dilakukan setiap kali melakukan servis berkala atau saat penggantian oli. 

Duration Oil Filter

Duration Oil Filter

Duration Oil Filter

Duration oil filter merupakan produk oli filter dari produsen pelumas mesin TOP 1 yang telah berpengalaman memproduksi oli mesin sintetik selama lebih dari 40 tahun. Menggunakan bahan berkualitas dan disesuaikan dengan standar pabrikan kendaraan, membuat kemampuan penyaringan dan durabilitas Duration Oil Filter semakin dapat diandalkan. 

Beberapa teknologi yang digunakan oleh Duration Oil Filter untuk menjamin kualitas dan durabilitasnya adalah:

  • Media Filter Terstandar: Menggunakan kertas filter dengan kerapatan pori-pori berstandar internasional (JIS)
  • In Bond Seaming:  Penguncian ganda antara piringan dan tabung untuk memperkokoh dudukan
  • Steel Tension Spring: Didesain dengan proses pemanasan yang canggih untuk menjaga stabilitas antara elemen pegas dan tabung filter
  • Spiral Perforating Tube: Kerangka struktur yang kuat untuk mencegah filter dan memaksimalkan aliran oli.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: