Rabu, 17 November 2021

Ini Penyebab Oli Motor Bocor

Punya kendaraan merupakan hal yang wajib untuk mengejar aktivitas dan tujuan masing-masing. Ada yang karena hobi, kebutuhan utama, maupun sekadar koleksi. Namun bagaimana dengan perawatan?

Tidak banyak orang yang sadar akan kepentingan dalam perawatan mesin kendaraan seperti oli mesin. Tentu setidaknya setiap pengendara harus paham kapan waktunya mengganti oli mesin, seperti rutin menggantinya.

Untuk motor memang ada rentang atau jarak yang bisa digunakan dengan 2.000 km sampai dengan 4.000 km. Jadi seharusnya mengecek juga kendaraan di bagian oli mesin, apakah ada kendala seperti oli motor yang bocor?

Benar, oli motor pun bisa kering secara perlahan atas beberapa penyebab seperti oli yang bocor. Ada juga penyebabnya, apa saja hal tersebut?

Penyebab Oli Motor Bocor

1. Penampungan Oli Mesin Bocor

Sejatinya oli mesin punya penampungan yang harus digunakan untuk mengalirkan oli ke berbagai komponen motor. Tentu penampungan dibuat secara serius agar tidak terjadi hal-hal seperti ini.

Namun oli mesin juga bisa bocor karena penampungan yang rusak. Ada beberapa penyebab seperti umur atau tidak kandungan atau tangki oli mesin terbentur sesuatu.

Jadi bila penampungan oli mesin sudah bocor maka bisa dipastikan terjadi beberapa kendala, hal yang paling mudah adalah adanya tetesan dari bagian mesin motor.

2. Segel Mesin Rusak

Seal juga bisa rusak karena ada di kondisi yang tidak optimal. Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab bocornya oli pada kendaraan. 

Biasanya terjadi ketika komponen tergeser karena kendala atau mengalami keretakan karena terlalu lama digunakan.  Tentu ada hal yang perlu diketahui terkait komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras.  

Hal seperti ini yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

3. Oli Tak Sesuai Volume

Tentu pada dinding mesin kendaraan biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas mesin tersebut. 

Lewat informasi itu bisa mengetahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja hal tersebut dapat menyebabkannya kebocoran oli sampai keluar.  

Cara yang bisa dilakukan untuk mengecek adalah dengan menggunakan dipstick. Tak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli saja, perangkat ini juga biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli yang ada di dalamnya.  Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka itu berarti adalah waktunya untuk mengganti oli mesin.

4. Kondisi Motor Menua

Faktor terakhir yang tidak kalah penting adalah kondisi motor yang menua. Memang motor yang tua pun bisa dirawat dan sangat bagus namun bagian komponen menjadi hal yang sulit ditemukan.

Bila motor yang sudah lama digunakan tidak mengganti komponen secara perlahan tentu akan rusak. Apabila motor yang digunakan keluaran lama, kendala utama adalah minimnya spare part yang bisa ditemukan.

Faktor ini yang menjadi awal penyebab oli motor bocor karena bagian tangki sudah rusak termakan waktu. Jadi bila ada tetesan pada mesin sebaiknya lakukan pengecekan langsung ke bengkel-bengkel terkait.

Jadi apa rekomendasi oli motor matic yang cocok digunakan sehari-hari?

Rekomendasi Oli Motor Matic

TOP 1 Action Matic Untuk Mesin Motor Matic

TOP 1 merupakan salah satunya, perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di San Mateo, California ini sudah memasarkan produk oli mesinnya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

TOP 1 Action Matic merupakan oli mesin motor matic semi sintetik yang direkomendasikan untuk menjaga kinerja motor tetap nyaman sejak pertama kali mesin dihidupkan. 

Produk satu ini juga memiliki harga yang terjangkau untuk oli motor matic di kelasnya dengan berbagai teknologi terbaik, antara lain:

  • JASO MA2 Terbaru 2016: Memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pelumas motor Jepang.
  • Aditif Anti Karat & Anti Korosi: Menjaga dan merawat kebersihan mesin dengan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
  • Smooth Riding: Menghasilkan perlindungan tahan lama dan menyeluruh sehingga kinerja transmisi motor matic menjadi lebih halus serta terawat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: