Inilah Waktu Yang Tepat Ganti Oli Mobil

Inilah Waktu Yang Tepat Ganti Oli Mobil

Pergulatan mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli memang tidak asing bagi pemilik kendaraan. Patokan jarak dan lama pemakaian terkadang juga berat untuk dipenuhi. Jarak 10.000 KM atau 6 bulan pemakaian nyatanya terasa berat untuk dipenuhi oleh sebagian pemilik mobil.

Sebenarnya oli mesin bisa bertahan cukup lama yakni 10 ribu km atau lebih. Akan tetapi harus  dengan catatan, penggunaan harian di jalan yang tidak macet dan bukan pada track yang ekstrim. Jika mobil dipakai di perkotaan dengan kondisi macet atau pada kondisi jalanan offroad, umur oli yang tadinya tahan untuk 10.000 km pasti akan berkurang. 

Apalagi kalau oli yang digunakan masih memiliki kandungan oli mineral yang tinggi, penggantian setiap 5.000 km baik untuk dilakukan.  Berbeda dengan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika menggantinya setiap 10.000 km. Supaya tidak tertipu dengan patokan jarak sebaiknya diperhatikan beberapa ciri apakah sudah saatnya ganti oli mobil atau belum.

Ini Tanda Mobil Harus Ganti Oli

Terdapat beberapa tanda yang membantu pemilik kendaraan untuk mengetahui kapan harus ganti oli. Terdapat beberapa ciri dan alat bantu agar mobil tidak terlambat ganti oli, antara lain:

1. Perubahan Warna Oli

Perubahan warna oli bisa menjadi tanda oli harus diganti. Jika oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya oli mobil sudah harus diganti.

2. Cek Tongkat Pengukur Oli Mesin

Cara lain yang dapat dilakukan bersamaan dengan melihat warna oli adalah melakukan pengecekan dengan tongkat pengukur oli mesin (dipstick). Saat mesin dalam keadaan dingin, coba lihat apakah oli masih memenuhi volume standar. Kalau oli pada dipstick sudah dibawah batas wajar, segera ganti oli! 

3. Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

Saat mengganti oli di bengkel, biasanya disertakan juga kartu pengingat kapan harus ganti oli lagi. Umumnya bengkel akan menyarankan penggantian oli mesin setiap 5.000 km. Tapi ada juga faktor lain yang membuat masa pakai lebih lama seperti menggunakan oli full sintetik dengan kualitas yang bagus. 

Perlindungan Maksimal TOP 1 Zenzation

TOP 1 adalah salah satu produsen oli asal Amerika Serikat yang telah memasarkan produknya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Lini produk Zenzation dibuat khusus untuk mobil masa kini. Dengan teknologi molekul pintar dan kandungan tinggi sintetik yang mampu melindungi bahkan ke celah tersempit sekalipun. Beberapa teknologi lain yang terdapat pada TOP 1 Zenzation adalah:

  • Exceed Euro 6 Standard: Telah lolos standar Euro 6 yang menjadikan gas buang lebih ramah lingkungan dan tenaga lebih optimal.
  • MAX TBN:: Dirancang untuk menciptakan lapisan perlindungan yang mampu bertahan pada kondisi ekstrim dan tekanan tinggi.
  • Ester Fortified: Diperkaya dengan teknologi Ester yang memberikan respon sempurna sejak awal mesin dihidupkan.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024