Kamis, 19 Mei 2022

Jangan Gunakan Oli Mesin Sebagi Oli Gardan!

Perawatan gardan motor matic memang susah-susah gampang. Padahal fungsi gardan sangat penting agar tenaga dari mesin dapat dialirkan ke roda sehingga motor dapat bergerak. Suara kasar pada roda belakang, timbul bunyi seperti siulan serta warna oli gardan yang berubah menjadi kopi susu adalah ciri-ciri kerusakan pada komponen gardan. 

Salah satu perawatan gardan paling mudah adalah untuk melakukan penggantian oli gardan secara rutin. Terdapat suatu kebiasaan yang mungkin menggelitik rasa penasaran banyak orang, yaitu penggunaan oli mesin sebagai oli gardan. Mungkin ada yang bertanya-tanya efek samping atau kemungkinan terburuknya dari kebiasaan ini.

Oli gardan berfungsi untuk melapisi komponen CVT yang bertugas untuk melakukan perpindahan percepatan secara otomatis. Komponen-komponen pada gardan terdapat gear yang saling bergesekan. Jika tidak dilumasi dengan baik maka kemungkinan paling buruk adalah timbulnya overheat.

Perawatan Gardan

Gardan Motor

Penggunaan oli mesin sebagai oli gardan memang kurang tepat, meskipun bila sedang dalam keadaan darurat bisa menjadi pilihan. Meski begitu pabrikan kendaraan maupun produsen pelumas tidak menyarankan penggunaan oli mesin sebagai oli gardan. Perbedaan fungsi dan kekentalan serta kandungan aditifnya memungkinkan timbulnya efek negatif bagi kendaraan.

Oleh karena itu sebaiknya gunakanlah oli khusus untuk gardan. Selain itu waktu penggantiannya juga harus diperhatikan. 

Biasanya oli gardan bisa bertahan lebih lama dari oli mesin, karena letaknya yang jauh dari sumber panas dan juga lebih minim stress. Oleh karena itu biasanya penggantian oli gardan dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.

TOP 1 Action Matic Gear Oil

Gear Oil TOP 1

TOP 1 merupakan produsen pelumas mesin asal Amerika yang telah lama berkecimpung di dunia otomotif Indonesia. Dengan menggunakan basis oli berbahan sintetik menjadikan TOP 1 Action Matic Gear Oil mampu melindungi komponen bergerak secara maksimal. 

TOP 1 Action Matic Gear Oil merupakan salah satu produk speciality dari TOP 1 yang dibuat khusus untuk melindungi gardan motor matic. Dengan bahan dasar sintetik dan kandungan aditif yang dirancang khusus untuk keperluan motor matic masa kini. Beragam keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Performa Hebat Pada Beban Ekstrim & Kecepatan tinggi: Diciptakan untuk memaksimalkan kinerja transmisi dan roda gigi dalam menghadapi tekanan dan gesekan.
  • Roda Gigi Bebas Karat:  Dengan formula X-tra Rust Protection memberikan perlindungan sempurna terhadap karat.
  • Untuk Transmisi & Roda Gigi: Dapat digunakan untuk transmisi motor matic dan roda gigi.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: