Kenapa Butuh Tune Up Mobil?

Kenapa Butuh Tune Up Mobil?

Banyak hal bisa terjadi ketika terlambat atau tidak rutin tune up mobil, salah satunya adalah performa kendaraan yang menurun.

Meskipun sudah rutin melakukan penggantian oli namun seiring pemakaian, diperlukan pula penyesuaian-penyesuaian, pembersihan serta perlakuan khusus untuk mengembalikan performa kendaraan.

Mesin yang dipakai berjalan akan menimbulkan berbagai deposit yang muncul dari aktivitas pembakaran pada mesin. Selain itu pembentukan gram atau serbuk-serbuk besi akibat pergesekan antar komponen juga mungkin terjadi. 

Rangkaian komponen yang bergerak dan berada di kondisi ekstrim memungkinkan terjadinya perubahan settingan serta penurunan kualitas dari komponen.

Selain itu, kebiasaan telat mengganti oli serta tidak mengganti filter oli juga berefek pada munculnya oil sludge atau lumpur oli. Endapan ini dapat berubah menjadi kerak setelah lama mengendap.

Kondisi-kondisi seperti ini akan merugikan kesehatan mesin serta performa yang pastinya tidak akan maksimal. Mesin akan kehilangan tenaga, akselerasi otomatis menurun, timbul bunyi serta permasalahan lain bahkan parahnya bisa mogok saat digunakan.

Maka dari itu penting untuk melakukan tune up dalam kurun waktu tertentu. Apa saja ciri-ciri mobil harus tune up? Langsung aja kita bahas secara singkat.

Ciri Mobil Harus Tune Up

Kerusakan Mobil Akibat 

Untuk memahami kapan mobil harus tune up, sebetulnya tidaklah terlalu susah. Hanya butuh sedikit kepekaan pada kendaraan yang kita miliki. Betul, butuh kepekaan karena kita harus menggunakan indra kita untuk melihat, mendengarkan dan merasakan perubahan-perubahan yang terjadi pada mobil. Berikut adalah ciri-ciri yang dapat menjadi tanda kalau mobil sudah butuh untuk service dan tune-up.

 

 

  • Timbul Bunyi Tak Normal Dari Mesin
    Jika mesin mobil mulai mengeluarkan bunyi berdecit atau suara kasar seperti gesekan antar metal coba ingat-ingat lagi kapan terakhir melakukan servis. Suara kasar dari mesin bisa menjadi suatu tanda bahwa bagian mesin sudah butuh perhatian lebih. Sempatkan waktu untuk ke bengkel untuk service dan tune up agar kendaraan kembali nyaman.

 

  • Akselerasi Tidak Responsif
    Sudah membejak pedal gas hingga mentok tapi laju mobil terasa lambat? Mungkin sistem pembakaran sudah kotor tertutup karbon. Solusi dari kondisi ini cukup datang saja ke bengkel melakukan tune up dan carbon cleaning. Performa mobil kembali sempurna setelahnya. 

 

  • Boros
    Karena beratnya kinerja mesin akibat deposit serta berkurangnya tingkat presisi mesin efisiensi bahan bakar juga menurun. Akhirnya konsumsi bahan bakar pun meningkat. Segera lakukan pengecekan dan service dan tune up supaya performa kendaraan makin mantap.

Untuk itu penting untuk melakukan service rutin dan tune up secara berkala. Bisa diatur untuk waktunya apakah setiap 6 bulan sekali bersamaan dengan ganti oli, atau setiap dua kali penggantian oli. Tak lupa juga gunakan selalu oli sintetik yang mampu memberikan perlindungan maksimal bagi mesin kendaraan.

 

Oli Mesin Sintetis Tahan Lama

Zenzation Series

Zenzation Series

TOP 1 merupakan produsen oli sintetik berteknologi modern yang sudah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun. Di Indonesia oli TOP 1 merupakan salah satu produsen yang memfokuskan seluruh produknya oli mesinnya terbuat dari oli sintetik berkualitas tinggi. Salah satu produk unggulannya adalah TOP 1 Zenzation Series.

Oli dengan kandungan tinggi sintetik dengan beragam teknologi dan keunggulan. TOP 1 Zenzation dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin mobil bensin dan diesel yang memiliki tingkat stress tinggi seperti perjalanan di perkotaan yang penuh kemacetan. Beragam keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

 

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024