Rabu, 29 Juni 2022

Mesin Diesel Common Rail Wajib Pake Oli Jenis Ini

Mesin-mesin diesel jaman sekarang banyak yang telah beralih ke teknologi Common Rail. Perlahan namun pasti, era kejayaan karburator ditinggalkan oleh pabrikan baik untuk mesin diesel maupun bensin.

Teknologi common rail sebetulnya mirip dengan teknologi EFI pada mesin bensin. Bahan bakar disemburkan ke ruang bakar dengan waktu yang diatur sedemikian rupa oleh ECU (Electronic Control Unit) guna menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dan efektif. 

Sistem kinerja mesin yang berbeda tentunya memerlukan sejumlah perlakuan khusus untuk menunjang teknologi terbaru ini. Salah satunya adalah kebutuhan oli yang sesuai agar mampu memberikan performa maksimal.

Salah satu permasalahan di mesin diesel konvensional adalah pemilihan oli yang tepat. Ketika oli mesin sudah oke ternyata tidak cocok dengan turbocharger yang digunakan. Alhasil timbul asap dari knalpot dan juga penggunaan oli menjadi lebih boros.

Untuk selanjutnya mari kita lihat apakah teknologi common rail mewarisi masalah yang terjadi dalam pemilihan oli untuk mobil diesel. 

 

Perhatikan Kode SAE dan API

SAE & API Service Code

Kode SAE dan API Service Oli Mesin

Mobil berteknologi common rail bekerja dengan kecepatan dan tekanan yang lebih tinggi. Bahan bakar yang dihisap oleh mesin dan dipompa dengan tekanan tinggi dan disemportkan ke dalam ruang bakar. 

 

Pada mobil-mobil diesel modern selain adanya Common Rail, terdapat juga turbocharger untuk mendongkrak performa kendaraan. Salah satu perbedaan turbocharger dengan supercharger adalah sistem oli yang dipakai. Jika pada supercharger terdapat kompertemen oli yang menyuplai secara terdedikasi, pada turbocharger oli mesin juga digunakan untuk melumasi bagian turbo.

 

Oleh karena itu untuk penggunaan oli mesin berteknologi common rail dan turbocharger, penggunaan SAE dan API Servicenya haruslah sesuai. Oli yang terlalu kental dapat merugikan dan merusak komponen turbo karena tidak terlapisi secara cepat. Sedangkan API Service yang masih dibawah CJ tidak dapat melumasi dengan baik komponen turbocharger.

 

Pilihan Terbaik Oli Mesin Common Rail

TOP 1 Zenzation Diesel

TOP 1 Zenzation Diesel Common Rail 

TOP 1 merupakan produsen pelumas mesin asal Amerika yang telah lama berkecimpung di dunia otomotif Indonesia. Dengan menggunakan basis oli berbahan sintetik menjadikan TOP 1 Zenzation dapat bekerja lebih maksimal dalam melindungi mesin dari gesekan dan ancaman korosi. 

TOP 1 Zenzation Diesel merupakan salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik yang mampu membuat kinerja semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Berbagai keunggulan TOP 1 Zenzation lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: