Mobil Baru Jangan Langsung Digeber!

Mobil Baru Jangan Langsung Digeber!

Mendapatkan kendaraan impian baik motor ataupun mobil memang hal yang menyenangkan. Apa lagi sebagai seorang petrolhead, atau penggila kendaraan pastinya ingin langsung mencoba menggeber performa mesin impian.

Sayangnya hal tersebut tidak disarankan oleh disarankan baik oleh pabrikan mobil maupun para ahli. Pasalnya terdapat periode break-in atau inreyen di mana komponen mesin masih melakukan penyesuaian. 

Mirip seperti audio, berbagai perangkat mesin harus melakukan penyesuaian sebelum dapat mengeluarkan performa maksimal. Beberapa komponen tersebut diantaranya yang bekerja paling krusial adalah piston, setang piston, ring piston dan blok silinder.

Komponen tersebut akan melakukan “pemanasan” yang dalam hal ini tentunya mereka akan bergesekan satu sama lain, sehingga timbul pengikisan. 

Beberapa perlakuan khusus harus dijalankan pengemudi agar proses inreyen ini berjalan baik dan tidak timbul kerusakan yang besar. Selain itu saat proses inreyen ini selesai, biasanya akan terdapat cukup banyak gram yang terbawa oli. Oleh karenanya jangan sampai melewatkan proses penggantian oli dan service awal sesuai anjuran pabrikan.

Jangan Keburu Nafsu

Pemilik mobil baru biasanya ingin menjajal secara langsung kehebatan dari mesin dan kenyamanan mobil yang ditawarkan pabrikan. Terkadang ada juga yang sudah terlalu bernafsu untuk membawa mobil di kecepatan tinggi. Merasakan sensasi teknologi dan hentakan mesin yang mungkin sudah diidam-idamkan.

 

Sayangnya keinginan ini harus sedikit ditahan setidaknya hingga waktunya untuk service pertama atau di 1.000 km awal. Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari sebelum mencapai kilometer ini. Salah satunya adalah menggeber mobil secara mendadak dan menjalankan mobil sebelum melakukan proses memanaskan mesin.

 

Selain itu ada baiknya juga untuk membatasi putaran mesin di RPM hingga di rentang 2.000 - 2500 rotasi per menit. Pengereman juga harus dilakukan secara perlahan, untuk menghindari selip ban serta pengereman yang tidak sempurna. 

 

Jangan lupa juga membaca buku panduan yang dikeluarkan oleh pabrikan. Segala informasi yang dibutuhkan terkait mobil tersebut, mulai dari spesifikasi suku cadang yang baik digunakan hingga jadwal servis yang ditetapkan atau wajib dilakukan juga terdapat di sana. Jangan lupa, biasanya service awal masih mendapatkan subsidi atau bahkan bebas biaya. 

Oli Sintetik Dengan Kandungan Ester

Setelah masa inreyen terlewati dan saat melakukan penggantian oli, gunakanlah selalu oli mesin sintetik. TOP 1 Zenzation merupakan oli sintetik yang telah ditingkatkan kualitasnya dengan adanya aditif berupa Ester yang biasa digunakan oleh mesin-mesin balap. TOP 1 merupakan produsen oli sintetik asal Amerika yang telah lebih dari 40 tahun dan telah memasarkan produk-produk unggulannya di berbagai negara.

TOP 1 Zenzation Series  salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik yang mampu membuat kinerja semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Dengan API SN dan CJ yang sudah disesuaikan dengan teknologi mesin terbaru yang berada di pasaran. Berbagai keunggulan TOP 1 Zenzation lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di Shopee Official Store kami.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024