Mobil Matic Harus Pakai Oli Khusus?

Mobil Matic Harus Pakai Oli Khusus?

Perawatan kendaraan adalah hal yang penting, tidak hanya motor maupun mobil. Meski faktanya memang motor lebih banyak di Indonesia namun mobil tidak juga sedikit jumlahnya.

Selain sebagai transportasi mobil juga hadir sebagai tanda kesuksesan atau status sosial bagi sebagian orang. Karena biaya untuk perawatan mobil lebih besar, sebagai contoh motor mungkin hanya membutuhkan oli mesin namun mobil akan memakan lebih banyak biaya untuk perawatan.

Bagian perawatan mobil memang banyak seperti tipe mobil matic pun ada oli khususnya. Selain oli mesin, ada bagian yang perlu diganti secara rutin untuk mobil seperti oli power steering, minyak rem, air radiator, oli gardan, hingga oli transmisi tentunya.

Lalu ketika membahas apakah ada oli mesin mobil khusus matic? Seberapa penting oli mobil matic yang sesuai dengan spesifikasi?

Apakah Ada Oli Mesin Khusus Mobil Matic?

Faktanya tidak ada bagian oli mesin khusus untuk mobil matic. Meski memang ada bagian mobil yang khusus terkait barang perawatan matic pada bagian transmisi.

Sebagai kendaraan memang oli transmisi merupakan hal yang dipisahkan baik untuk tipe manual maupun matic. Perawatannya memang penting karena bentuk mesin dan gigi rotari yang ada di kedua transmisi sangat berbeda.

Bagian oli transmisi akan bekerja untuk melumasi gir percepatan atau synchromesh dan berbagai komponen lain guna mencegah keausan setiap komponen. 

Biaya penggantian oli transmisi matic karena biaya yang harus dikeluarkan tidak besar. Apabila oli transmisi biasanya hanya membutuhkan 1 liter hingga 1,2 liter oli saja.

Rekomendasi Oli Mobil Matic

Dari fakta dituliskan di atas tentu oli mesin mobil matic memang tidak ada. Secara spesifik untuk oli transmisi memang ada. Kebutuhannya transmisi juga tidak terlalu mahal, berbeda dengan oli mesin yang sangat penting diganti.

Untuk referensi, memang beberapa pilihan oli mobil aman untuk mesin maupun bagian transmisi mobil matic.

TOP 1 Zenzation

TOP 1 merupakan salah satu merek oli dari produsen perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di California. TOP 1 Oil sudah memasarkan produknya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

Kualitas oli satu ini sangat baik untuk menjaga kinerja mesin mobil hatchback tetap optimal di berbagai kondisi jalan.

Kandungan TOP 1 Zenzation bisa menjaga mesin dalam waktu yang lebih lama dan melindungi lebih menyeluruh. Apalagi kandungan oli sintetiknya terbukti lebih awet, tidak mudah menguap, dan menjaga tarikan mesin lebih nyaman.

Teknologinya juga membuat kondisi mesin mobil hatchback lebih dimanjakan, apalagi dengan aditif khusus yang mengatur perpindahan transmisi menjadi nyaman serta minim endapan di mesin.

Berikut berbagai teknologi yang tersedia pada produk TOP 1 Zenzation, antara lain:

  • Ester Fortified: Memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pelumas motor Jepang.
  • Exceed Euro 6 Standard: Menjaga dan merawat kebersihan mesin dengan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
  • Max TBN: Menghasilkan perlindungan yang lebih tahan lama karena memiliki kadar sintetik yang lebih tinggi.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024