Kamis, 9 Juni 2022

Oli Yamaha Nmax Kering? Ini Solusinya

Para penunggang Yamaha Nmax pasti tak asing dengan salah satu permasalahan pada motor ini yaitu tingginya penguapan oli hingga menyebabkan oli habis. Oli yang cepat menguap ini tentunya berbahaya bagi kesehatan motor. Berkurangnya oli yang cukup signifikan dapat berakibat semakin besarnya kinerja beban mesin. 

Di beberapa forum online, Nmax sering juga disebut vampir oli karena kemampuannya untuk menghisap oli cukup fantastis. Volume yang hilang atau susut bahkan bisa mencapai 300-400 ml atau hampir setengah kapasitas oli. Tak heran terdapat beberapa kasus yang menyebutkan motornya mogok di tengah jalan akibat kehabisan oli.

Akibat dari ketiadaan oli pada mesin sudah pasti kerusakan yang parah di berbagai komponen. Kerusakan pada piston, ring piston, engkol merupakan komponen yang kemungkinan besar akan terpengaruh. Selain kerusakan, biaya penggantiannya juga cukup besar, karena proses pengerjaannya harus membelah mesin untuk mengetahui setiap komponen yang terpengaruh.

Sudah barang pasti jika oli Yamaha Nmax habis saat motor masih berjalan, biaya yang dikeluarkan tidaklah cukup hanya dengan angka ratusan ribu. Pemilik harus merogoh kocek yang cukup dalam dan berkisar di angka jutaan. Untuk mencegah hal itu terjadi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ganti Oli Secara Rutin

Kepala Piston

Kepala Piston Yang Rusak Akibat Kurang Oli

Salah satu cara yang mudah dan relatif murah untuk mencegah kehabisan oli adalah dengan mengganti oli secara rutin. Dengan mengganti oli secara rutin otomatis jumlah oli yang ada akan tetap terjaga. Meski begitu perlu juga dicoba untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh dan konsultasi ke montir yang dipercaya.

Terdapat beberapa kondisi yang mempengaruhi penguapan salah satunya adalah motor sering dibawa bermacet-macetan. Waktu kerja mesin akan semakin lama dan tidak sebanding dengan jarak tempuh. Sehingga bisa saja terjadi baru 1.000 - 1.500 km namun penyusutan sudah seperti jarak tempuh 2.000 - 3.000 km. 

Selain itu bisa juga salah menggunakan tipe kekentalan oli. Untuk Nmax sendiri disarankan menggunakan kekentalan atau SAE 10W-40 dengan jumlah 1 liter. Kadang ada yang sengaja memakai oli yang lebih encer guna merasakan tarikan yang lebih enteng, namun sayangnya penguapan akan semakin cepat dan besar.

Rekomendasi Oli Nmax Agar Tidak Cepat Kering


Beragam Pilihan Kekentalan TOP 1 Evolution Matic

Salah satu oli yang mudah ditemui di pasaran dan cocok untuk mengatasi tingkat penguapan tinggi adalah TOP 1 Evolution Matic. TOP 1 adalah produsen pelumas otomotif asal Amerika serikat yang telah memasarkan produknya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Dengan bahan dasar 100% oli sintetik, perlindungan yang diberikan terhadap mesin semakin sempurna dan menyeluruh. 

Selain itu terdapat juga berbagai kandungan lain yang menambah canggih oli TOP 1 Evolution:

  • Ester Fortified: Aditif yang memaksimalkan kinerja mesin dan menghadirkan respon maksimal sejak awal mesin dihidupkan. 
  • Extra Smooth:  Perlindungan maksimum pada saat motor menghadapi tingkat tekanan dan stress tinggi seperti kemacetan.
  • 100% Synthetic: Performa maksimal pada mesin dengan masa pakai lebih tahan lama.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: