Penjelasan Kode API Service Oli Mesin

Penjelasan Kode API Service Oli Mesin

Sudah tahu kode API Service oli mesin yang terbaru? Atau jangan-jangan masih gak tau apa itu API Service pada oli mesin. 

Kode pada kemasan oli yang satu ini mempunyai informasi penting sebagai penentu performa kendaraan kalian. Kode ini adalah merupakan suatu indikator atau tanda yang memberikan informasi mengenai tingkatan kualitas dari oli kalian.

Kode ini dikeluarkan oleh American Petroleum Institute yang mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian terhadap oli mesin kendaraan. Mereka bertugas mengeluarkan standar dan sertifikat apakah suatu produk oli memenuhi kriteria atau tidak. Tentu saja standar tersebut telah disesuaikan dengan teknologi terbaru mesin-mesin kendaraan yang ada

API sendiri  adalah singkatan untuk American Petroleum Institute. Secara umum terdapat dua kelompok besar kode API yaitu API Service untuk mesin diesel dan API Service untuk mesin bensin. 

Masing-masing kelompok itu juga memiliki tingkatan yang berbeda dan menjadi penanda kualitas serta tahun keluaran standarisasi tersebut. Agar lebih jelas mengenai cara membaca kode API serta mengetahui perbedaan langsung aja lanjut baca penjelasannya di bawah ini.

Begini Cara Membaca Kode API

API Service Diesel

Daftar API Service Mesin Diesel

Terdapat dua kelompok oli besar dalam penentuan API yaitu sesuai bahan bakar yang digunakan. API dengan huruf awal S digunakan untuk mesin bensin, sedangkan untuk yang memiliki huruf awal C adalah untuk mesin diesel. Sedangkan huruf keduanya adalah indikator yang menunjukan tingkatan dari oli tersebut.

API Service Bensin

Daftar API Service Bensin

Untuk huruf kedua ini, seiring perkembangan waktu akan berubah terus mendekati huruf Z. Semakin mendekati huruf Z semakin baru dan semakin tinggi pula klasifikasinya. Untuk saat ini, klasifikasi tertinggi untuk oli mesin bensin adalah SN dan untuk mesin diesel adalah CK namun di pasar Indonesia yang umum digunakan adalah CJ.

 

Untuk API SN, terdapat pengembangan yang signifikan salah satunya adalah perlindungan terhadap turbocharger yang mulai banyak digunakan di mobil terbaru. Selain itu API SN juga mampu bertahan pada suhu kerja yang lebih tinggi. Performa oli kelas ini juga sudah disesuaikan dengan keperluan ILSAC - GF 5 sehingga bersahabat dengan mesin mobil LCGC.

 

Untuk API CJ dikeluarkan untuk mesin mobil 4 langkah kecepatan tinggi dan secara umum memenuhi kebutuhan mobil keluaran 2010 ke atas. Kandungannya juga sudah disesuaikan sehingga memenuhi regulasi Euro 4 mengenai gas buang. Pelumas ini juga diformulasi untuk semua bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur hingga 500 ppm. 

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik!

Zenzation Series

Produk Highlights Zenzation Series

TOP 1 merupakan produsen pelumas mesin asal Amerika yang telah lama berkecimpung di dunia otomotif Indonesia. Dengan menggunakan basis oli berbahan sintetik menjadikan TOP 1 Zenzation dapat bekerja lebih maksimal dalam melindungi mesin dari gesekan dan ancaman korosi. 

TOP 1 Zenzation Series  salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik yang mampu membuat kinerja semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Dengan API SN dan CJ yang sudah disesuaikan dengan teknologi mesin terbaru yang berada di pasaran. Berbagai keunggulan TOP 1 Zenzation lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024