Jumat, 7 Januari 2022

Penting! Ganti Oli Sebelum Uji Emisi

Uji emisi kendaraan mulai menjadi isu yang hangat dibahas. Serangkaian tes untuk menguji kualitas pembakaran dalam mesin. Penguji akan melihat kadar gas buang seperti HC (hidrokarbon), CO (karbon monoksida), CO2 (karbon dioksida) dan NOx (nitrogen oksida) sebagai hasil pembakaran yang tidak sempurna pada kendaraan.

Alat deteksi yang bernama exhaust gas analyzer akan dimasukan ke bagian knalpot mobil ataupun motor. 

Pengujian dilakukan dalam dua tahap, yaitu saat putaran mesin berada di posisi sekitar 2.000 RPM dan saat idle atau posisi normal di 800-1.200 RPM. Setelah itu mesin penguji akan memperlihatkan hasil apakah lolos uji atau tidak.

Ganti Oli Secara Teratur Agar Mesin Tetap Prima

Salah satu cara mudah agar tidak gagal uji emisi adalah dengan rutin melakukan servis secara berkala ditambah dengan penggantian oli sesuai dengan anjuran. Cara yang sederhana ini dapat menjaga kinerja mesin agar tetap prima dalam segala kondisi pemakaian. Namun apa sih yang sebenarnya terjadi saat kita tidak mengganti oli pada kendaran kita?

Oli yang terlalu lama berada di dalam mesin, bahkan ketika sudah melebih batas pakai akan berubah tingkat kekentalannya. Oli yang mengental akan sulit menjaga gesekan pada mesin dan akhirnya menghasilkan panas berlebih. 

Alhasil seal dan klep yang ada pada mesin pun akan lebih cepat mengeras. Efeknya oli akan merembes ke dalam ruang pembakaran. Oli yang terbakar biasanya ditandai dengan keluarnya asap berwarna putih dari knalpot kendaraan.

Kondisi seperti itu sangat memungkinkan menjadi faktor pemberat dari uji emisi yang sedang dilakukan. Jika tanda seperti itu terjadi, sebaiknya segeralah ke bengkel dan melakukan servis sebelum melakukan pengujian. 

Rekomendasi Oli Mesin Tahan Lama

Umur pemakaian oli biasanya diukur dari dua hal, yang pertama adalah jarak tempuh pemakaian dan yang kedua adalah lama pelumas tersebut berada di dalam mesin. Mengganti oli secara rutin dapat menjaga performa kendaraan supaya tetap prima, daya jelajah tetap terjaga dan tentunya mampu lolos uji tes emisi yang wajib dilakukan oleh warga JABODETABEK nih. 

TOP 1 HP SPORT merupakan salah satu produk oli mesin mobil berteknologi semi sintetik yang direkomendasikan untuk menjaga kinerja  tetap optimal. Produk dengan harga yang bersaing dan memiliki segudang keunggulan. 

Tentu produk TOP 1 sudah melalui pembaruan standar dan kualitas sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan mesin atau kendaraan yang beredar di pasaran. Beberapa teknologi yang disematkan, antara lain:

  • Stop-And-Go Formulation: Tangguh melindungi di berbagai kondisi.
  • Aditif Anti Karat & Anti Korosi: Menjaga dan merawat kebersihan mesin dengan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
  • Smooth Driving: Mempermudah starter awal dan menciptakan sensasi berkendara yang nyaman.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: