Senin, 6 Juni 2022

Perawatan Veloz Baru VS Avanza Veloz, Apa Yang Beda?

Setelah lama Toyota Avanza Veloz menjadi salah satu mpv yang merajai jalanan Indonesia, di tahun 2022 Toyota memberikan kejutan lagi. Veloz yang tadinya merupakan salah satu varian dari keluarga Avanza, kini berdiri sendiri dengan identitas yang terlepas dari Avanza. Sejumlah perbaikan dan pengembangan terjadi di hampir seluruh aspek.

Kondisi ini terjadi akibat strategi Toyota yang memang mengarahkan Veloz sebagai salah satu mobil yang lebih menyasar kelas atas dibanding Avanza dan saudara kembarnya, Xenia. Perbedaan terbesar adalah pabrikan pengembang dari Veloz sendiri, tidak lagi diproduksi oleh Daihatsu melainkan dikerjakan secara penuh oleh Toyota Indonesia. Selain itu Veloz juga lebih kaya fitur dan fasilitas yang meningkatkan kenyamanan.

Selain itu dari dari segi dapur pacu seluruh varian Veloz telah menggunakan kode mesin 2NR-VE 1500cc. Lantas apakah perawatan yang harus dilakukan agar Toyota Veloz tetap dalam kondisi prima? Apakah cara merawat Toyota Veloz tetap sama seperti saat masih terikat dengan keluarga Avanza?

Makin Canggih Dengan Beragam Fitur

Interior Toyota Veloz 

Veloz semakin canggih dengan dukungan beragam fitur keamanan seperti All Round View Camera,  ISOFIX, Hill Start Assist dsb. Dari segi dapur pacu juga mengalami pengembangan yang membuat efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik serta penggunaan CVT sebagai pilihan transmisi matic. Selain itu ada juga perubahan radikal lain yaitu keputusan untuk penggunaan konfigurasi FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak roda depan.

 

Dengan digunakannya mesin 2NR-VE ternyata kapasitas oli dan jenis oli yang digunakan tetap sama. Penggunaan oli 0W-20 sebanyak 3,3 liter masih menjadi rekomendasi yang diperlukan agar mobil ini berjalan dengan baik. Rentang SAE oli yang bisa digunakan juga masih sama yaitu 0W-20, 5W-30 hingga 10W-40 dengan API Service minimal SN.

 

Selain itu agar mobil semakin awet dan dapat perlindungan yang maksimal, harus digunakan oli bersintetik. Adapun oli semi sintetik dapat menjadi pilihan meskipun tetap penggunaan oli fully synthetic masih menjadi rekomendasi utama. Nah, untuk pilihan mereknya beragam mulai dari oli yang dikeluarkan resmi oleh pabrikan, maupun oli keluaran produsen pelumas mesin yang banyak beredar di pasaran.

Rekomendasi Oli Toyota Veloz 2022

Zenzation

Beragam Pilihan Oli TOP 1 Zenzation

TOP 1 merupakan produsen pelumas mesin asal Amerika yang telah lama berkecimpung di dunia otomotif Indonesia. Dengan menggunakan basis oli berbahan sintetik menjadikan TOP 1 Zenzation dapat bekerja lebih maksimal dalam melindungi mesin dari gesekan dan ancaman korosi. 

TOP 1 Zenzation merupakan salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik yang mampu membuat kinerja semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Berbagai keunggulan TOP 1 Zenzation lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ester Fortified: Diperkaya dengan Ester sehingga menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan. 
  • Exceed Euro 6 Standard:  Menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan mesin tetap bertenaga.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal terhadap korosi atau karat.

Tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: