Rabu, 31 Maret 2021

Produk yang Direkomendasikan Sebagai Oli Mobil Terbaik dan Aman

Untuk menjaga kinerja mobil agar lebih nyaman dan baik maka diperlukan perawatan guna menunjang faktor utama seperti jajaran rekomendasi oli mobil yang baik di kelas harganya.

Pengguna mobil pasti paham betul bahwa menjaga kinerja mobil tidak semata-mata dari bengkel saja, namun sang pengendara juga harus paham betul fungsinya.

Tidak seperti pengguna motor yang bisa menyerahkan kebutuhan ke bengkel karena lebih minim komponen dibanding mobil. Pengguna mobil setidaknya harus paham beberapa hal agar tidak kewalahan ketika terkena kendala di jalan.

Mobil sendiri harus melakukan penggantian atau perawatan berkala biar aman dari berbagai malfungsi mesin.

Salah satu caranya adalah mengganti oli mesin secara berkala, karena kinerja terberat dan stres mobil berada di bagian mesin yang menopang perputaran piston dan lain sebagainya.

Buat kamu yang belum paham, langsung simak fungsi oli mesin, waktu ganti, serta rekomendasi oli mobilnya yuk sob!

Fungsi Oli Mobil

Memahami fungsi oli mesin merupakan hal yang penting, apalagi kalau bukan mengerti kendaraan roda empat kesayangan. Ada berbagai tipe oli yang nyatanya punya fungsi masing-masing.

Dalam fungsinya sendiri oli mesin berguna untuk beberapa hal, seperti membersihkan bagian mesin, menjaga suhu kendaraan tetap stabil, mengurangi gesekan kasar, meminimalisir rusaknya komponen, melindungi celah-celah tersempit, dan lain sebagainya.

Tapi nyatanya tidak semua oli memiliki semua fungsi di atas, ada yang hanya melindungi mesin saja namun cepat menguap, ada juga yang mampu mengurangi gesekan kasar namun suhu mesin lebih panas karena mudah menguap.

Maka dari itu, menjaga kinerja mobil tetap aman dan nyaman pilihlah oli mesin yang mampu meningkatkan kinerja serta tarikan kendaraan.

Selain itu oli mesin memiliki banyak teknologi yang muncul seiring perkembangan zaman. Salah satu contohnya adalah Ester Fortified, teknologi yang mampu melindungi mesin dan menempel erat dinding komponen sejak pertama kali mesin dihidupkan.

Aditif satu ini mampu menjadi teknologi yang dibuat sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan masing-masing mobil, baik untuk kebutuhan distribusi hingga pemakaian pada umumnya.

Waktu Ganti Oli Mobil

Setelah memahami pentingnya fungsi oli mesin mobil, tidak ada salahnya untuk melaju ke tahap berikutnya yaitu mengetahui waktu ganti oli mesin mobil yang tepat.

Apakah oli mesin mobil harus diganti setiap bulan? Atau hanya dibutuhkan beberapa waktu saja karena mobil memiliki kualitas yang awet?

Nah, pelumas mesin di mobil dan motor juga memiliki jarak tempuh sebagai batas penggantiannya. Meski demikian, memang jaraknya berbeda jauh karena mobil bisa menempuh hingga 7.000 km sampai 10.000 km setiap ganti oli.

Lalu untuk oli motor memakan waktu yang cukup sebentar yaitu berada di kisaran 2 bulan sekali atau berkisar di angka 2.000 sampai dengan 4.000 km.

BACA JUGA: BIAYA DAN HARGA GANTI OLI TOYOTA AVANZA SECARA LENGKAP

Pada umumnya sangat sulit menetapkan waktu penggantian dalam waktu atau bulan karena penggunaan mobil sangat berbeda-beda setiap orangnya.

Bagi mereka yang menggunakan mobil sebagai sarana bekerja seperti taxi tentu akan lebih cepat mengganti oli mesin, bisa 1 hingga 2 bulan sekali.

Jadi seperti penggunaannya, oli mobil harus menyesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna. Bila hanya digunakan di waktu-waktu tertentu maka tidak harus menggantinya dalam waktu dekat cukup cek berkala di bengkel kesayangan.

Spesifikasi Oli Mobil

Selain teknologi dan waktu yang harus dipahami oleh penggunanya, harus ada hal-hal yang dipahami dalam memilih oli mobil.

Pada umumnya ada banyak hal atau ketentuan yang harus dipahami oleh pengguna mobil ketika membeli suatu produk dari pihak pabrikan, seperti anjuran spesifikasi atau rekomendasi oli mobil yang tepat.

Klasifikasi untuk oli mobil biasanya dibagi ke dalam 3 tipe, yaitu mobil keluaran lama, mobil keluaran terbaru, hingga mobil LCGC. 

Untuk mobil keluaran lama biasanya akan menggunakan spesifikasi oli yang lebih kental seperti 20W-50, sedangkan oli mobil baru membawa tipe yang lebih encer seperti 0W-20.

Maka dari itu, tipe mobil LCGC sendiri bisa menggunakan spesifikasi yang bervariasi seperti 0W-20 atau 20W-50 namun harga dari oli mesin untuk mobil satu ini biasanya akan lebih terjangkau.

Rekomendasi Oli Mobil

Nah, kembali ke topik utama, lalu apa rekomendasi oli mobil yang tepat dan baik dalam menjaga kinerja kendaraan tetap stabil dan aman?

Pasalnya, banyak oli mesin yang hanya menjual fungsi namun tidak memiliki bukti. Tentu memilih oli dari brand besar bisa menjadi cara praktis agar memahami kualitasnya!

Tapi nyatanya oli atau brand yang baik belum cukup, butuh spesifikasi atau rekomendasi oli mobil yang bagus sesuai dengan keperluannya.

Lalu apa rekomendasi oli mobil yang baik?

TOP 1 Zenzation merupakan salah satu pilihan oli mobil terbaik dari TOP 1 dan sudah lama beredar di pasaran.

Banyak sekali teknologi menarik dan canggih untuk seri oli mesin mobil satu ini, bahkan sudah mengandung oli sintetik yang tahan lama serta tidak mudah menguap.

  • - Ester Fortified: Aditif yang dirancang untuk menjaga mobil anda melaju dengan halus dan memberikan respon sempurna, sejak awal mesin dihidupkan.
  • - Max TBN: Teknologi anti korosi yang lebih tinggi mampu memberikan perlindungan maksimum terhadap karat.
  • - Exceed Euro 6 Standard: Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan, daya dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Memilih oli mesin yang tepat tentu akan menjadi perhatian penting bagi para pengguna mobil yang paham betul akan kebutuhan kendaraan.

Pada dasarnya oli mesin juga memiliki kelebihan di beberapa produk, salah satunya TOP 1 Zenzation yang juga memiliki harga terjangkau dengan segudang manfaatnya.

Yuk mulai ganti oli mesin mobil kamu dengan TOP 1 Zenzation sekarang di bengkel-bengkel terdekat! Atau kunjungi toko online resmi TOP 1 di berbagai website ecommerce di sini!

Rekomendasi untuk kamu: