Radiator Lebih Awet Berkat Beragam Manfaat Radiator Coolant

Radiator Lebih Awet Berkat Beragam Manfaat Radiator Coolant

Banyak mobil yang dijual saat ini telah menggunakan radiator coolant sebagai cairan pendingin yang digunakan pada radiator mereka. Beragam manfaat radiator coolant mampu dihadirkan pada mesin maupun komponen pendingin di dalam sistem radiator. Sayangnya keuntungan itu dapat berkurang drastis apabila tercampur dengan bahan-bahan yang lazim digunakan oleh pemilik mobil awam, contohnya adalah air mineral. 

Mungkin karena kebiasaan atau pengetahuan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi bahwa cairan yang digunakan untuk mendinginkan radiator cukup dengan air saja. Meski begitu nyatanya banyak kerusakan yang terjadi karena penggunaan air mineral sebagai cairan pendingin radiator. Salah satu kerusakan yang umum terjadi adalah keroposnya pipa-pipa pada jaringan pendingin yang disebabkan oleh karat.

Solusi yang lebih baik dihadirkan oleh radiator coolant, cairan yang dibuat khusus untuk mendinginkan mesin sekaligus merawat kondisi radiator. Radiator coolant mampu mengikat dan melepas panas lebih baik ketimbang air biasa, selain itu terdapat juga aditif yang mampu mencegah terbentuknya karat dan endapan. 

Mampu Bekerja Lebih Baik

Radiator coolant memiliki titik didih lebih tinggi ketimbang air mineral sehingga mampu menyerap panas lebih baik. Selain itu zat-zat yang terkandung di dalam radiator coolant memberikan perlindungan lebih baik dari terbentuknya endapan dan karat pada pipa-pipa radiator dan sistem pendinginan. Karena dirancang khusus untuk keperluan pendinginan serta interaksi dengan logam, pengguna mobil tidak perlu terlalu khawatir akan adanya karat akibat air radiator. 

Meski begitu ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan jika ingin beralih dari penggunaan air biasa ke radiator coolant. Pastikan kondisi radiator masih dalam keadaan yang prima dan bebas karat. Pasalnya radiator coolant mampu merontokan karat pada radiator sehingga dapat memicu penyumbatan atau kebocoran. 

Untuk penggunaan radiator coolant sendiri tergolong cukup hemat, karena sekali penggantian mampu bertahan hingga 40.000 km sebelum harus melakukan pengurasan atau penggantian total. Dalam rentang itu penambahan volume cairan pada radiator tetap harus dilakukan.

Rekomendasi Radiator Coolant 

Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh radiator coolant memang mampu memberikan daya tarik bagi pengguna mobil. Bagaimana tidak, umur pemakaian yang dijanjikan oleh penggunaan radiator coolant ini cukup panjang, selain itu kemampuannya untuk merawat radiator juga memanjakan mesin dan pipa-pipa yang terdapat pada keseluruhan sistem pendingin mesin. Salah satu rekomendasi radiator coolant yang bagus adalah TOP 1 Power Coolant.

TOP 1 Power Coolant

TOP 1 Power Coolant diproduksi dengan menggunakan teknologi Reverse Osmosis yang mampu menghilangkan kandungan mineral dan logam yang bisa menyebabkan kerak. TOP 1 Power Coolant juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti:

  • Titik Didih Tinggi: Dengan kandungan ethylene glycol titik didih meningkat menjadi sekitar 110℃ 
  • Mencegah Korosi: Aditif yang diformulasi khusus untuk menghambat terjadinya korosi dan karat
  • Anti Kerak: Berbahan air yang bebas mineral dan kandungan logam sehingga dapat mencegah timbulnya kerak yang menghambat proses penukaran panas.

Mulai gunakan dan percayakan cairan pendingin radiatormu dengan TOP 1 Power Coolant yang terbukti baik untuk kendaraanmu! Dapatkan langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

© PT Topindo Atlas Asia 2024