Alasan Kawasaki KLX 150L tetap pakai karburator
Alasan Kawasaki KLX 150L tetap pakai karburator
Kawasaki menawarkan model penyegaran KLX. Dengan tambahan kode L, motor ini tetap dengan mesin yang sama dan tetap mempertahankan penggunaan karburator. Sementara itu, tren motor sekarang ini adalah injeksi.
Kawasaki beralasan, penggunaan karburator untuk mengakomodasi offroader yang memang biasanya merawat sendiri motornya.
"Kenapa masih karburator karena perawatannya gampang. Ini karena masih pengguna biasanya merawat sendiri," ujar Mitsuhiko Okada, Direktur Pemasaran Kawasaki Motor Indonesia.
Selain alasan perawatan individual, penggunaan karburator juga dilakukan karena tidak semua daerah di Indonesia di setiap stasiun pengisian BBM menyediakan bahan bakar oktan tinggi.
"Offroader injeksi ada apa-apa di sana ada bensin oktan tinggi, sementara di sini tidak ada," ujarnya dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata.
Untuk karburator, Kawasaki KLX L mengandalkan produk Keihin NCV24. Mesinnya tetap 150 cc dengan model satu silinder SOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,6 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimal 12 Nm pada 6.500 rpm.
(kpl/why/sdi)