All-New Ford Ranger seirit city car!

All-New Ford Ranger seirit city car!

All-New Ford Ranger membuktikan kepemimpinannya dalam efisiensi bahan bakar. Hal ini dibuktikan melalui tantangan hemat bahan bakar dengan menempuh jarak hampir 500 km dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

Dari tantangan ini didapat rata-rata penggunaan bahan bakar All-New Ford Ranger sebesar 15.80 km/lt. Ford Motor Indonesia mengundang 24 jurnalis dari media terkemuka untuk ikut serta dalam tantangan ini. dengan melibatkan enam unit All-New Ford Ranger Double Cab XLT Hi-Rider Duratorq TDCi 2.2L VG Turbo.

Para peserta dibagi secara acak ke dalam enam kelompok, dengan pengemudi dan penumpang dari setiap all-new Ranger bertukar posisi di beberapa lokasi yang telah ditentukan selama perjalanan. Dengan tujuan mewakili berbagai gaya mengemudi dari setiap individu guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Tantangan ini secara independen di uji oleh BTMP-BPPT, institusi pemerintah terkemuka yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi. Untuk memastikan kualitas, tangki bahan bakar setiap Ranger di isi dengan Pertadex - referensi UN-ECE untuk uji bahan bakar diesel. Kemudian tangki tersebut di segel rapat pada saat memulai perjalanan dari Jakarta.

AC juga dinyalakan pada pilihan kecepatan blower nomor 2 dan kemudian di segel. Dimana juga dengan tujuan kondisi tersebut tetap terjaga selama perjalanan, selain itu, tekanan ban juga di ukur pada tekanan 38 psi baik untuk ban depan maupun ban belakang, sesuai dengan panduan pengguna.

Setiba di tujuan Tanjung Emas, Semarang, BTMP-BPPT mengevaluasi seluruh kendaraan di atas permukaan datar. Dengan menggunakan penggaris ukur water-pass untuk memastikan keadilan dan kredibilitas penilaian.

Uji Keiritan All New Ford Ranger

Kemudian penambahan bahan bakar dilakukan dengan menggunakan bejana ukur yang telah dikalibrasi untuk memastikan hasil yang akurat. Hasil terbaik didapatkan dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 15,80 km/lt. Hasil ini didapat dengan waktu tempuh 11 jam perjalanan pada kecepatan rata-rata 45.49 km/h melintasi beragam kondisi jalan dan kemacetan lalu lintas.

“Kendaraan double cabin dikenal sebagai mobil pekerja dan biasanya dipersepsikan sebagai kendaraan yang boros bahan bakar karena ukurannya yang sangat besar. Namun demikian, teknologi yang ditawarkan oleh all-new Ranger berbeda dari para pesaingnya. All-new Ranger terbukti irit bahan bakar, disamping itu juga tetap nyaman untuk dikendarai,” ujar Pekik Irianto, majalah Auto Bild, salah satu anggota kelompok pemenang.

Mesin all-new Ranger Duratorq TDCi 2.2L VG Turbo menghasilkan output torsi puncak sebesar 375 Nm dan output tenaga 150 hp. Dengan menggunakan variable geometry turbocharger yang memampukan kendali lebih akurat terhadap tekanan tenaga. Hal ini menghasilkan torsi pada kecepatan rendah sehingga meningkatkan daya luncur dan hemat bahan bakar.

Uji Keiritan All New Ford Ranger

Selain itu, transmisi manual enam percepatan menyediakan penggantian roda gigi presisi dengan tuas transmisi pendek. Indikator perpindahan roda gigi pada panel instrumen membantu memandu pengendara dalam memilih roda gigi terbaik untuk penghematan bahan bakar.

“Hasil dari test drive ini menegaskan bahwa all-new Ranger memang merupakan pemimpin dalam penghematan bahan bakar di Indonesia,” kata Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia. “Bagian penting dari transformasi produk One Ford adalah memperkenalkan kendaraan yang menawarkan efisiensi bahan bakar terdepan di segmennya untuk para konsumen kami.”

(kpl/prl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024