BMW i3 Coupe, city car masa depan idaman

BMW i3 Coupe, city car masa depan idaman

Untuk masa depan lebih baik dan lebih hijau, BMW telah siapkan city car baru bernama BMW i3 Coupe. City car hatchback ini akan hadir dengan model 5 pintu dan akan resmi diproduksi serta mulai dipasarkan pada akhir tahun 2013 ini.

BMW tidak ingin tergesa-gesa untuk meluncurkan produk mobil listrik yang ramah lingkungan ini. Mengingat persiapan beberapa negara untuk sediakan stasiun pengisian listrik dengan teknologi fast charging masih sangat kurang. Sekaligus BMW juga mematangkan dalam pengembangan teknologinya.

Mobil bertenaga listrik ini diprediksi akan menjadi kendaraan idaman untuk masa depan nanti. Untuk itu beberapa pabrikan mobil juga ikut turut mengembangkan teknologi serupa agar pada saat waktunya tiba, kendaraan tenaga listrik bisa siap beredar.

Untuk BMW i3 Coupe ini akan memiliki bobot body yang ringan. Sebab untuk konstruksi bodynya, BMW menggunakan bahan lightweight carbon fiber reinforced plastic. Untuk jantung pacunya akan menggunakan motor listrik yang bertenaga 170 hp dengan torsi puncak 250 Nm.

Tenaga ini akan disalurkan pada penggerak roda belakang. Untuk akselerasi hingga 100 km/h BMW i3 dapat mencapainya hanya dalam 4 detik. Sedang kemampuan charging baterai standarnya dapat selesai dalam 6 jam. Tapi bila menggunakan teknologi fast charging baterai dapat terisi hingga 80 persen kurang dari 30 menit.

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024