BMW targetkan jual 600 mobil seken

BMW targetkan jual 600 mobil seken

BMW Indonesia targetkan lepas 600 unit BMW seken dari berbagai Seri tahun ini. Target ini lebih besar dari pencapaian tahun 2012 lalu yang hanya laku sebanyak 268 unit.

BMW 3 Series dan 5 Series diperkirakan tetap menjadi pangsa pasar terbesar penjualan BMW bekas in. Mengingat dalam penjualan mobil baru kedua seri ini yang banyak diincar orang.

"Kami rasa pasar mobil premium seken tahun ini lebih berkembang dari tahun lalu. Tahun 2013, BMW Premium Selection kami targetkan 600 unit,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Indonesia di Jakarta, Rabu (6/2).

Untuk mewujudkan target tersebut, BMW Indonesia akan memperluas jaringan retail pemasaran BMW Premium Selection tahun ini. Rencana awal, BMW akan membuka gerai BMW seken di Surabaya.

Selain membuka gerai baru, strategi lain adalah memberikan program layanan yang menarik buat konsumen BMW seken. Penambahan gerai baru BMW seken diluar nilai investasi sebesar Rp 14 miliar untuk ekspansi BMW Premium Selection bersertifikat di empat showroomnya di Jakarta.

Unit bisnis memiliki area tersendiri berukuran dari 350 - 1.000 meter persegi. Area ini dapat memajang 8 - 25 mobil serta diperkuat oleh 7 - 10 staf khusus untuk menjalankan operasional termasuk layanan bagi pelanggan.

"Kami melihat adanya peningkatan harga jual mobil seken BMW sejak kami memperkenalkan BMW Premium Selection di Bestindo Car Utama pada 2006. Kami percaya tahun 2013 ini merupakan saat tepat untuk mengembangkan unit bisnis tersebut di tiga dealer di Jakarta, dan pada saat yang sama Bestindo Car Utama menambah bisnis penjualan mobil baru dalam operasionalnya,” papar Ramesh.

Selain BMW Premium Selection, dealer-dealer tersebut juga menawarkan mobil-mobil BMW lawas. Sehingga memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan dan juga menjaga kepercayaan konsumen terhadap mobil-mobil seken BMW.

Selain ekspansi bisnis baru mobil seken, BMW juga membuka proses trade in (tukar tambah). BMW mensyaratkan, proses transaksi tukar tambah akan berjalan lebih mudah dan cepat jika BMW yang ditukar tambah memiliki riwayat perawatan dan perbaikan yang jelas.

"Kami tidak membatasi tukar tambah dari mobil yang berasal dari delaer resmi kami, dari importir umum juga bisa. Tapi memang BMW yang dibeli di dealer resmi kami punya kejelasan riwayat mobil dan kepemilikan. Itu akan lebih memudahkan untuk proses perjanjian jual beli," terang Ramesh.

Ia menambahkan, pelanggan dapat berdiskusi dengan para konsultan bisnis, baik untuk keperluan tukar-tambah atau membeli mobil BMW baru ataupun seken melalui berbagai program financing yang ditawarkan BMW Financial Services bekerjasama dengan OCBC NISP Bank.

"Pelanggan dapat pula menikmati pengalaman mengemudi model-model BMW terbaru. Lebih dari itu, mereka juga dapat menambah fitur-fitur baru untuk meng-upgrade mobil BMW mereka dengan BMW Original Parts and Accessories atau sekadar berbelanja BMW Lifestyle Collection terbaru," lanjut Ramesh.

Jaringan distribusi BMW Group Indonesia kini diperkuat 15 dealer BMW tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Makassar.

(kpl/nzr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024