Selasa, 22 Januari 2013

BMW X1 sDrive20d dan sDrive18i dirakit di Indonesia

BMW Indonesia mengumumkan peluncuran New BMW X1 sDrive20d bermesin Advanced Diesel dan New BMW X1 sDrive18i bermesin bensin. Ramesh Divyanathan selaku Presiden Direktur BMW Group Indonesia mengonfirmasi bahwa kedua model ini dirakit di Indonesia seperti halnya X1 sebelumnya.

“Mesin BMW Advanced Diesel digunakan diharapkan berhasil mengangkat suksesnya mobil bermesin diesel di Indonesia. BMW X1, yang mendapat gelar sebagai Best Compact SUV 2012 ini kini sudah dirakit di Indonesia dan selanjutnya akan terus menjadi andalan kami di tahun 2013 ini,” ungkap Ramesh Divyanathan.

Sebelumnya, BMW Indonesia juga mengonfirmasi bahwa model-modelnya dirakit di Indonesia oleh mitra lokal, yakni untuk model Seri 3 sebagai model terlaris, serta Seri 5, X3 dan X1 seperti telah disebutkan.

Mesin BMW Advanced Diesel pertama kali digunakan pada BMW X1 di Indonesia. Meski dirakit di sini, kualitasnya dipastikan akan tetap sama dengan mobil yang diproduksi di Jerman.

Model-model BMW itu sendiri dirakit di fasilitas pabrik Gaya Motor, Jalan Gaya Motor Raya No 3, Sunter II, Jakarta Utara. Perakitan melibatkan teknisi dari Jerman.

Pada produksi BMW Seri 3 terbaru yang diluncurkan tahun lalu di Indonesia. Prosesnya didukung oleh 12 tenaga ahli dari pabrik di Jerman. Para tenaga ahli ini memberikan pelatihan dalam bidang proses perakitan serta berbagai syarat kualitas.

BMW sendiri sebelumnya mengaku puas dengan hasil perakitan PT Gaya Motor karena dinilai menerapkan proses, kontrol kualitas, dan persyaratan keselamatan dengan standar tinggi. Sebagai informasi, pabrik tersebut bisa memproduksi 10 mobil per hari untuk keempat model yang dirakit.

(kpl/nzr/vin)

Rekomendasi untuk kamu: