Cinta segitiga Toyota-Subaru-Daihatsu

Cinta segitiga Toyota-Subaru-Daihatsu

Menjalin kerjasama dalam dunia otomotif tampaknya semakin menjadi hal biasa bahkan bisa menjadi keharusan. Baik tergabung dalam sebuah Group atau hanya sekedar kolaborasi dua hingga tiga pabrik otomotif.

Hal ini yang tampaknya juga terjadi antara tiga pabrik mobil asal Jepang. Tiga jenis mobil kembar seperti MPV, SUV dan city car telah dilahirkan dari duet mesra Toyota-Daihatsu. Model MPV datang dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, SUV melalui Terios dan Rush sedang city car adalah Agya - Ayla.

Namun kolaborasi dalam tahun ini berkembang antara Toyota-Subaru dengan melahirkan the twin sportcar. Dimana mereka melahirkan mobil ber-DNA Drifting yaitu Subaru BRZ dan Toyota 86. Namun dalam kombinasi kerja ini akan diperluas lagi hingga lahirkan generasi baru lainnya.

Seperti saat ini Subaru-Daihatsu sudah menyiapkan generasi mobil murah baru mereka. Dimana dengan konsep desain body sama Subaru hadir dengan nama Stella dan Daihatsu gunakan nama Move. Dan rencananya kedua model city car murah ini akan dipasarkan bulan Januari 2013 mendatang.

Tapi selain itu Subaru juga sedang siapkan city car murah kedua dengan Toyota. Dimana Subaru Pleo Plus menjadi hasil model kolaborasi tersebut. Menariknya city car murah Subaru-Daihatsu maupun Subaru-Toyota nanti akan sama-sama menggunakan mesin sama berkapasitas 660cc.

Dan Subaru Pleo Plus sendiri dibuat dengan mengambil dasar Daihatsu Mira, sungguh menarik bukan?

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024