City car akan jadi mobil laris ketimbang MPV

City car akan jadi mobil laris ketimbang MPV

Pasar MPV atau mobil 7-penumpang di Indonesia bisa dikatakan akan berjaya sampai lima tahun ke depan. Namun, siap-siap karena banyak orang makin beralih ke citycar yang rasanya akan mirip dengan larisnya MPV di masa sekarang ini.

"Sampai studi kami lima tahun ke depan, pasar 7-seater masih mendominasi di pasar Indonesia. Namun, citycar perlahan-lahan akan naik, terutama dengan akan dikeluarkannya LCGC," ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo sendiri memang sudah menunjukkan hal itu. Honda Brio yang sebelumnya dirumorkan menjadi LCGC menjadi kendaraan dengan banyak peminat.

Honda Brio dari Januari hingga Maret lalu terjual 4.727 Unit, sementara di posisi selanjutnya ada KIA Picanto yang terjual 1.805 unit.

Daihatsu sendiri masih masuk di lingkarang tiga besar lewat produk Sirion yang hingga Maret lalu terjual 1.730 unit. Adapun posisi selanjutnya diisi Nissan March dengan 1.301 unit dan Toyota Etios sebanyak 1.289 unit.

Mitsubishi Mirage sebagai mobil yang juga dirumorkan sebagai LCGC bercokol di posisi di bawah Etios dengan 1.237 unit.

Total penjualan citycar sendiri pada 2013 mencapai 12.565 unit. Angka itu terbagi ke penjualan Januari sebesar 2.337 unit, lalu pada Februari sebesar 3.922 unit dan pada Maret mencapai 6.506 unit atau nyaris naik dua kali lipatnya. Nah, apalagi kalau ada mobil murah LCGC. Siap-siap saja.

Artikel Terkait

Toyota Yaris Minim Masalah

Chevrolet Aveo Bertampang Sporty dan Gaul

Inilah 5 Fitur Unggulan All New Suzuki Swift

(kpl/why/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024