Dibanding Malaysia, kita nomor satu
Dibanding Malaysia, kita nomor satu
Pasar Daihatsu kian meluas ke seluruh dunia. Indonesia sendiri sejak 2008 sudah mulai mengekspor produk Daihatsu yang dirakit di Tanah Air. Posisi penjualan di dalam negeri pun nomor dua setelah Toyota.
Sementara itu, Malaysia menjadi pesaing kuat untuk kawasan ASEAN. Namun, pihak Daihatsu Indonesia di bawah nama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku Indonesia masih lebih unggul dengan imbuhan catatan.
"Dibanding Malaysia, kami nomor satu karena brand yang mereka pakai bukan Daihatsu. Brand yang mereka pakai Perodua," ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.
Namun, jika Perodua terhitung sebagai Daihatsu, maka angka itu akan melebihi sedikit dari perolehan di Indonesia. Angkanya menurut Amelia tidak berbeda jauh dan bisa dikatakan hampir sama. Pada tahun-tahun ke depan, ia yakin Indonesia akan jauh lebih tinggi dibanding Malaysia.
"Kalau Perodua dianggap Daihatsu, kita kalah sedikit, boleh dibilang hampir sama. Tahun-tahun ke depan, Indonesia jauh lebih tinggi dari Malaysia," tambah Amelia Tjandra.
Sampai tahun ini sendiri ekspor Daihatsu sudah sampai ke 65 negara. Tahun ke tahun, ekspor Daihatsu meningkat. Pada 2011, mobil Daihatsu diekspor ke 35 negara. Tahun 2012, pasarnya sudah 65 negara.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen mobil Daihatsu di Indonesia kini sudah meningkatkan ekspor mereka ke pasar Afrika dan Timur Tengah. Mereka juga merambah pasar Jepang dan Amerika Selatan.
(kpl/why/vin)