Ducati rakitan Indonesia berkode 'NIK'

Ducati rakitan Indonesia berkode 'NIK'

PT Supermoto, distributor motor Ducati, mengaku merakit produknya di dalam negeri, setelah menerima komponen terurai dari Italia. Pihak pimpinan mengatakan bahwa produk itu dirakit di Pulogadung.

Salah satu pembeda dari produk yang merupakan rakitan Indonesia adalah adanya kode "NIK" yang merupakan kependekan istilah dengan bahasa Indonesia, yakni nomor identifikasi kendaraan (NIK), bukan lagi VIN (vehicle identification number).

"Makanya motor kita sekarang itu bukan VIN tapi NIK. Dulu sebelum kita CKD, itu VIN," kata Iwan Gogo Panjaitan, CEO Ducati Indonesia.

Model-model Ducati sebagian besar berasal dari Italia. Namun, Ducati Monster yang dijual diakui pihak pimpinan distributornya merupakan produk Thailand. Dalam hal ini, sejumlah komponen masih asli buatan Italia. Namun perakitan dilakukan di negeri itu.

Terakhir, Ducati memasarkan Monster 796 dan Panigale 898. Ducati Monster 796 sendiri dilepas di Indonesia dengan harga jual Rp 310 juta. Sementara itu, Panigale yang bermesin 898 cc di Indonesia dijual dengan harga Rp 398 juta.

(kpl/why/fjr)

© PT Topindo Atlas Asia 2024