EcoBoost 1.0 liter mesin Ford paling senyap?

EcoBoost 1.0 liter mesin Ford paling senyap?

Mesin EcoBoost 1.0 liter yang disandang oleh Ford New Fiesta, tak lama lagi akan bisa dipinang konsumen di tanah air. Informasi ini disampaikan Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia kepada media jelang akhir tahun 2013 lalu.

EcoBoost 1.0 liter adalah mesin tiga silinder pertama Ford yang dirancang di pusat penelitian dan pengembangan Ford di Jerman dan Inggris. Salah satu fitur yang membedakan mesin ini adalah bagaimana teknisi Ford dengan cerdik mengatasi getaran yang tidak menyenangkan yang berasal dari jumlah silinder yang ganjil di dalam mesin.

Cara tradisional untuk mengurangi daya getaran pada mesin berukuran kecil adalah dengan memasang poros penyeimbang yang berputar berlawanan arah di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran. Namun, para teknisi Ford berpendapat bahwa poros penyeimbang ini berat, mahal dan mengurangi penghematan bahan bakar.

Mesin EcoBoost Ford

Akhirnya, dengan cerdik tim Ford membuat katrol dan roda gila (flywheel) tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin juga dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

Dengan hasil pengembangan dan penelitian ini, membuat mesin tiga silinder menjadi salah satu mesin paling senyap dan paling halus di jajaran mesin global Ford. Bahkan, mesin ini hampir tak bersuara dan bebas getaran idle.

(kpl/tr/sno)

© PT Topindo Atlas Asia 2024