Fakta seputar MPV dan Nissan Evalia

Fakta seputar MPV dan Nissan Evalia

Hingga di tahun 2013 ini pun gejala bahwa pasar MPV akan terus meningkat masih bisa terbaca jelas. Nissan Motor Indonesia yang melihat kecenderungan itu pun melihatnya pada salah satu model mereka, yang kemudian memiliki varian baru, dan diperkenalkan ke publik beberapa waktu lalu.

Menurut mereka, MPV atau mobil keluarga itu masih akan menjadi populer di Indonesia. "Melihat analisis pasar, dan juga perkembangan tren, segmen MPV masih menjadi model mobil penumpang yang paling populer di Indonesia," ungkap Kintaro Izumida, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

PT Nissan Motor Indonesia sendiri yakin bahwa dua varian baru Evalia akan meningkatkan penjualan khusus model ini hingga 2.000 unit per bulan.

Harga keduanya memang menarik yang masing-masing dibanderol Rp 172 juta dan Rp 182 juta untuk Nissan Evalia SV transmisi manual dan otomatis, sedangkan Nissan Evalia St di harga Rp 155 juta.

Masih di segmen MPV, Toyota All New Avanza sebagai juara tahun lalu pada Januari 2013 ini saja menurut data Gaikindo terjual 17.471 unit dari 7 pilihan varian, sementara Daihatsu All New Xenia terjual 5.905 unit pada Januari saja dengan pilihan 5 varian.

Sementara itu, penjualan Evalia pada Januari saja sudah 717 unit. Angka ini didapat dari semua varian belum termasuk dua varian yang baru diluncurkan itu.

Varian yang sebelumnya secara total berjumlah lima itu terbagi ke dalam Evalia S 1.5 MT, Evalia SV 1.5 MT, Evalia SV 1.5 AT, Evalia XV 1.5 MT, dan Evalia XV 1.5 AT. Varian terlarisnya ada pada Evalia XV 1.5 MT atau produk termahal untuk transmisi manual dengan jumlah 335 unit.

(kpl/nzr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024