Ferrari California Turbo, semakin kuat, tambah Irit

Ferrari California Turbo, semakin kuat, tambah Irit

Otosia.com -

PT Citra Langgeng Otomotif selaku official distributor Ferrari di Indonesia menjanjikan akan memboyong Ferrari California Turbo ke ke Indonesia setelah lebih dulu memulai debut perdananya di Geneva International Motor Show bulan Maret mendatang Ferrari seri California T melambangkan sifat keanggunan, sporty, fleksibel dan eksklusif, karakter yang ada pada setiap model California sejak tahun 1950.

California T menonjolkan inovasi namun tetap mempertahankan fitur-fitur khasnya seperti konsep 2+ yang sukses, kabin yang apik, dan tentunya, atap yang dapat dibuka (RHT) yang dapat mengubahnya dari coupe yang chic menjadi spider yang canggih dan manis hanya dalam 14 detik.

Ferrari California Turbo dibekali mesin turbo 8-silinder. Ini merupakan mesin yang benar-benar baru yang mempersembahkan tingkat performa yang sangat hebat, akselerasi dan suara yang dihasilkan melebihi dari yang pernah dihasilkan turbo manapun.

Ferrari telah melakukan beberapa perubahan yang cukup signifikan di sektor jantung pacu, dengan ditandai untuk pertama kalinya tidak ada turbo lag pada mesin ini. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin respon langsung dan sebagaimana halnya kurva torsi yang meningkat secara konstan pada seluruh putaran mesin berkat diadopsinya Variable Boost Management.

Detak mekanis 3.855 cc turbo 8-silinder injeksi langsung ini dipasang sangat rendah pada sasis dengan posisi tengah-depan, sanggup meletupkan tenaga 560 cv pada 7.500 rpm.

Rasio tenaga yang dihasilkan berbanding kapasitas mesin adalah 145 cv/l – yang tertinggi dalam kategorinya – dengan torsi maksimum pada figur 755 Nm menjadikan California T memiliki akselerasi yang istimewa. Kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 3.6 detik.

Ferrari California Turbo,

Sebagaimana dalam Formula 1 musim ini, turbo digunakan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2. Dibandingkan dengan model di musim sebelumnya konsumsi bahan bakar turun sekitar 15% walaupun dengan tenaga lebih dari 70 cv dan peningkatan torsi sebanyak 49%.

Dalam pemakaian kombinasi emisi gas buang turun hingga 250g/km, lebih rendah 20% jika dilihat dari perbandingan ratio CO2/cv (0.44g/cv). Mesin California T juga mengadopsi keuntungan-keuntungan dari teknologi yang digunakan pada F1 Ferrari.

Contoh dari paparan di atas adalah penerapan low inertia twin scroll turbin yang menghasilkan respons tenaga yang benar-benar tajam dan sensitif. Metodologi yang dianut oleh tim balap Ferrari (Scuderia team) juga diaplikasikan untuk tahapan produksinya terutama untuk casting engine-nya.

Satu tantangan utama pada pembuatan desain California T tersebut adalah untuk menjaminkannya sebuah suara mesin Ferrari yang intense dan menegangkan sebagaimana biasanya.

Hal ini dicapai melalui pekerjaan desain yang teliti dan pemanfaatan teknik pabrik khusus bagi komponen-komponen penting, seperti the flat-plane crankshaft dan tiga potong knalpot manifold dan turbo housing.

Mesin tersebut menghasilkan suara yang kuat dan memikat pada fase intake dan exhaust, menjadi lebih kuat dengan bertambahnya kecepatan mesin. Ini adalah pertama kalinya hasil seperti ini pernah dicapai dengan mesin turbo.

Aerodinamis

California T ini juga mempersembahkan dinamika mobil sport sejati berkat penurunan aktivitas roda kemudi dan meningkatkan respon kemudi pada karakter pengemudi. Hal ini dapat dicapai karena dipasangnya rumah kemudi dan suspensi baru.

Pegas baru dan peredam Magnaride generasi terbaru (yang merespon 50 persen lebih cepat), dikombinasikan dengan accelerometers gerak tubuh, mengurangi roll dan pitch untuk pengendalian yang lebih presisi namun masih menjamin perjalanan yang sangat nyaman.

California T juga memiliki evolusi terbaru dari sistem kontrol traksi F1-Trac untuk akselerasi yang maksimal dari tikungan, sehingga semakin menonjolkan sisi sporti dari kepribadiannya.

Arsitektur, kontrol dan mesin 8-silinder baru California T memastikan kenikmatan berkendara yang intens secara konsisten dalam kondisi mengemudi yang menantang serta membuat mobil tersebut menyenangkan untuk dikendarai dalam situasi yang lebih santai, seperti di tradisi Grand Tourer.

Sistem pengereman karbon-keramik CCM3 juga sangat efisien dengan pemakaian cakram komposit dan bantalan baru. Rem terintegrasi dengan ESP 8.0 premium yang mengontrol ABS performa tinggi untuk jarak pendek pengereman 100 hingga 0 km/jam hanya dalam 34 meter.

Ferrari California Turbo,

Perhatian khusus diberikan pada desain, mempertahankan dimensi keseluruhan model sebelumnya sambil memastikan bahwa California T memiliki, kepribadian individu dan baru. Proporsi ramping yang didesain Ferrari Styling Centre bekerjasama dengan Pininfarina, sangat banyak mempertahankan etos Ferrari bermesin depan.

Bentuk sayap California T terinspirasi oleh gaya ponton-fender terkenal Testa Rossa 250, dengan garis sayap depan menuju bagian belakang yang kompak dan gagah, membawa kemulusan aerodinamis dan gerakan ke samping. Manfaat belakang dari penelitian aerodinamis teliti menghasilkan bagian diffuser belakang yang baru.

Kabin California T dirancang untuk menjadi se-ergonomis mungkin dan memancarkan rasa hangat dan ketrampilan, dengan lapisan kulit Frau semi-anilin yang mewah. Ruang interior fleksibel sehingga pemilik dapat memanfaatkan dengan sangat efisien penggunaan kapasitas booting bahkan dengan atap dibuka, berkat pembukaan antara kompartemen bagasi dan kursi belakang.

Interfensi manusia dan mesin dihubungkan dengan kontrol terpadu pada roda kemudi Ferrari, sedangkan turbo performance engineer/TPE berada di antara dua ventilasi udara di tengah dasbor. TPE display menampilkan indikator turbo boost dan juga informasi mengenai performa mesin lainnya dengan layar sentuh yang sensitif.

California T juga dilengkapi dengan sistem infotaimen baru dengan layar yang sangat intuitif, resolusi tinggi dari layar sebesar 6.5" dengan layar sentuh dan kontrol seperti biasanya.

DI Jenewa nanti Ferrari hadir dalam dua warna, yakni Rosso California, sebuah warna merah tua yang intens dan terinspirasi oleh Ferrari klasik, dan Blue California, yang menggarisbawahi fleksibilitas dan keanggunan model baru ini.

Tertarik memesannya?

(0.44g/cv)

© PT Topindo Atlas Asia 2024