Ford ecosport siap ramaikan segmen small suv

Ford ecosport siap ramaikan segmen small suv

Di tahun 2011 yang baru saja kita lewati, sempat berhembus kabar akan kehadiran SUV mini dari FordMotor Company. Namun, beberapa kalangan otomotif merasa pesimis tentang kebenarannya. Namun, keraguan itu akhirnya terjawab pada tanggal Rabu (4/1) di New Delhi, India.

Ford Motor Company resmi memperkenalkan produk terbarunya secara global. Produk terbaru ini akan dirakit di India karena pihak Ford sudah mengucurkan dana sebesar US$ 142 juta untuk pabrik perakitan ini.

Setelah sukses meluncurkan Ford Fiesta, Ford Focusdan Ford Ranger, maka EcoSport juga siap menjadi produk baru di tahun 2012, untuk berhadapan dengan rivalnya, yaitu Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Keistimewaan saat peluncuran EcoSport ini adalah kehadiran dari Presiden and Chief Executive Officer FMC, Alan Mulally, Joe Hinrich (Group Vice President and President of Asia Pacific and Africa for Ford) dan Michael Boneham (President and Managing Director Ford India).

Dengan kehadiran mereka serasa kehadiran EcoSport ini menjadi titik perhatian banyak orang tentunya. Yang menjadi daya tarik pada EcoSport ini adalah pada tampilan body-nya yang futuristik, dinamis, dan macho. Desain pada bagian grille-nya yang besar memperlihatkan sifat garang dari EcoSport ini. Headlamp yang berbentuk kristal memanjang dengan tambahan lampu LED, membuat tampilannya semakin cantik.

Di bawah kap mesin dari EcoSport ini didapati sebuah mesin EcoBoost 1 Liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 dk dan torsi 125 pound/ft. Dan Ford Motor menyatakan bahwa EcoSport memiliki emisi CO2 sebesar 140 g/km.

Ford Motor Company memang belum memastikan akan dilepas pada kisaran harga berapa, namun kemungkinan EcoSport ini bakalan dibanderol dengan harga sekitar Rp 180 juta-an untuk Indonesia. Dan ada kabar pula EcoSport juga akan hadir dengan varian mesin diesel 1.5 liter yang menghasilkan daya sebesar 90 dk dan torsi 204 Nm.

(kpl/vin/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024