Goodyear luncurkan ban SUV anti-bising

Goodyear luncurkan ban SUV anti-bising

Otosia.com -

Goodyear meluncurkan Eagle EfficientGrip untuk kendaraan sport utility vehicle (SUV). Ban kategori SUV terbaru ini diklaim paling senyap di kelasnya.

Goodyear EfficientGrip SUV diciptakan dengan menggunakan teknologi QuietTred untuk menghasilkan pengendaraan yang hening. Tapi tanpa kehilangan kemampuan handling dan daya cengkeram roda di jalan.

"Biasanya, mereka yang memiliki kendaraan SUV dan mobil 4X4 didorong oleh keinginan untuk menguasai medan jalan. Dan juga faktor keselamatan berkendara di atas bidang on-road dan off-road," ujar Fenty Berliana, Direktur Marketing Goodyear Indonesia.

"Tetapi pemilik SUV sekarang, yang hampir kebanyakan tinggal di wilayah urban, juga ingin mengetahui apa yang dibutuhkan untuk dapat menambah kenyamanan berkendara SUV setara sedan. Sekarang, pengendara SUV dapat menikmati keheningan dan kenyamanan mengemudi yang tiada bandingnya," lanjut Fenty.

Teknologi QuietTred adalah kombinasi dari desain telapak yang meredam bising (noise-dampening Tread Design) dan Karkas yang mampu menyerap benturan.

Tes ban

Ada beberapa faktor sehingga ban ini diklaim anti-bising. Misalnya Goodyear EfficientGrip SUV didesain closed shoulder, yang berfungsi mencegah meluasnya gelombang kebisingan suara. Sehingga menurunkan tingkat dengung yang diterima pada ruang kabin dari luar.

Tingkat kerapatan suara yang ditingkatkan mengoptimalkan fungsi blok untuk mengurangi ritme kebisingan yang ditimbulkan. Berikutnya adalah desain tipe rib memberikan jejak telapak geometris yang halus untuk menurunkan radiasi kebisingan dan efek saat bergulir.

Sebagai tambahan, fitur karkas yang mampu meredam benturan dari Goodyear EfficientGrip berupa konstruksi lingkar sabuk baja tinggi. Di mana yang memungkinkan kelenturan struktural untuk menurunkan efek getar jalan. Semua hal ini bergabung menciptakan kenyamanan berkendara yang paling senyap dari sebuah SUV.

Tes kebisingan dilakukan Goodyear Innovation Center di Luksemburg pada kondisi di atas jalan mulus. Goodyear EfficientGrip SUV ternyata melampaui produk pendahulunya baik dalam tingkat meredam kebisingan dan kenyamanan berkendara. Bahkan ketika kondisi ban sudah dalam keadaan aus terpakai, Goodyear EfficientGrip SUV tetap mampu menghasilkan keheningan setara ban baru pendahulunya.

Selain keheningan ruang kabin dalam jangka waktu lebih lama, Goodyear EfficientGrip SUV juga memberikan kemampuan daya cengkeram yang maksimal. Sehingga mampu menambahkan faktor keselamatan berkendara.

Jumlah irisan pada tepian yang cukup banyak dengan kerapatan sebesar bilah silet. Secara signifikan mampu meningkatkan daya cengkeram dan penguasaan jalan di segala kondisi. Area kontak jalan pada ban lebih optimal mendistribusikan tekanan yang sesuai pada telapak. Dengan demikian memungkinkannya mengaktifkan pola bekerja lebih efektif mencengkeram dan membelokkan kemudi lebih aman.

Berdasarkan tes pengereman yang dilakukan pada berbagai permukaan jalan, Goodyear EfficientGrip SUV ternyata memiliki jarak pengereman lebih pendek. Di mana 7 persen memiliki jarak lebih pendek di jalan basah dibanding pendahulunya.

Ban ini tersedia dalam ukuran diameter mulai dari 15 inch - 20 inch. "Ban Goodyear EfficientGrip SUV adalah bukti dari komitmen kami yang tidak putus untuk meningkatkan nilai dari brand kami yang didukung oleh inovasi berdasarkan permintaan-pasar, menjawab kebutuhan utama para pengendara SUV," tutup Fenty.

(kpl/nzr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024