Rabu, 20 Februari 2013

Harley-Davidson ini super langka

Varian Harley-Davidson 'saksi mata' Perang Dunia II ini menarik perhatian kolektor. Tapi, tahukah Anda ada versinya yang sangat spesial? Versi spesial yang dimaksud adalah model yang disiapkan untuk angkatan laut atau US Navy.

Versi ini kerap disebut model U. Dari 18.000-an unit HD varian militer, hanya ada 366 unit versi model U yang super langka, selebihnya merupakan varian WLA.

HD US Navy 1939

Berdasarkan riwayatnya, HD membuat varian militer sesuai permintaan pemerintah Amerika Serikat untuk menghadapi meletusnya perang dunia. Terpikirkan membuat kendaraan yang tinggi mobilitasnya, efisien dan efektif bagi pasukan kavaleri.

Kenyataannya, seluruh angkatan perang Amerika Serikat butuh motor militer. Untuk angkatan laut, dibuat model U guna patroli pantai. Versi ini hadir tahun 1944. Secara umum, model U merupakan versi lain WLA yang diproduksi sejak 1939.

HD Type WLA

Model U hampir mirip HD WLA 750. Secara kasat mata, Model U memiliki bodi sedikit lebih ramping. Pada versi asli Model U dibalur warna abu-abu suram. H-D WLA umumnya berwarna standar coklat atau hijau tentara.

Keistimewaan Model U karena di sekujur bodinya dilengkapi 10 klip. Kegunaannya untuk 'mencantelkan' storage compartment (boks barang). Termasuk satu drum mini yang bisa digunakan untuk membawa bensin atau air minum.

Selain jumlah unit terbatas, sebenarnya model U maupun WLA secara konfigurasi hampir sama. Bermesin V-twin 740 cc dan dilengkapi oil-bath air cleaner. Fender depan memakai desain 'military type' serta dilengkapi lampu 'black-out'.

HD US Navy 1939

Jika sulit mendapatkan Model U, Anda bisa meresto WLA merujuk style Model U. Lebih baik memilih produksi setelah 1941. Haandgrips tidak lagi memakai plastik tapi karet. Floorboard metal diganti karet diimbuhi logo HD. Ciri ini mendekati fisik model U.

Soal harga, sulit menetapkan angka pastinya. Pasalnya, tergantung kondisi, renovasi dan aksesori yang melekat. Semakin banyak komponen orisinal yang masih bertahan, harga juga semakin mahal.

(kpl/tr/abe)

Rekomendasi untuk kamu: