Sabtu, 4 Januari 2014

Hot! Munculnya sosok Ninja 250 silinder tunggal

Meski foto spyshoot sudah beredar luas di dunia maya tentang sosok Ninja 250 single silinder, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih membantah keras bahwa gambar yang muncul di internet adalah produk yang bakal dirilisnya dalam waktu dekat.

"Kata siapa? Wah masak sih, aku kok baru tahu ya (foto Ninja 250 satu silinder beredar)," elak Dewi Septianti, Deputy Departement Head Marketing and Sales Division KMI lewat pesan ponsel.

Gambar yang berhasil dijepret tersebut bukan lagi prototipe, namun sudah mengarah produksi jadi berikut striping dan warna-warna yang tersedia, seperti putih dan merah. Pada tangki tercetak tulisan Ninja, dan Kawasaki memilih desain lampu utama tunggal serupa dengan New Ninja RR 150 2-tak.

Sementara jok belakang di desain terpisah, dan pelek mirip Ninja 250 dua silinder. Dengan demikian keluarga kelas 250 Kawasaki akan bertambah, yaitu Ninja 250 FI dua silinder dan Ninja 250 RR satu silinder.

Menilik ke belakang, sepertinya Kawasaki telah menyiapkan senjata barunya ini sejak dua tahun lalu dengan lebih dulu melakukan survey ke kalangan biker/konsumen yang dilakukan sekitar bulan Oktober 2011 lalu. Otosia pun turut masuk dalam rombongan yang disurvey. Menariknya, salah satu sketsa motor yang menjadi bahan survey mirip dengan foto model baru Kawasaki yang beredar di dunia maya saat ini.

Ketika itu sketsa yang paling mencolok adalah dua gambar sport 150cc full fairing (deltabox) dan naked bike semi fairing berangka tobular/teralis. Sketsa keduanya banyak dipilih dan disukai.

Sosok Kawasaki Ninja 250 Silinder Tunggal

"Jadi, dua gambar inilah yang menurut Anda paling bagus dan cocok untuk menggambarkan motorsport Kawasaki (150cc dan 250cc) yang akan datang. Mayoritas yang ada di sini menginginkan motor punya tenaga besar dan cepat," ucap salah seorang tim surveyor kepada kelompok orang yang dimintai pendapatnya kala itu.

Produk baru yang test ridenya sempat diabadikan salah satu peselancar dunia maya nampak sama persis dengan gambar yang diambil di area pabrik. Menurut sumber orang dalam KMI, pihaknya mengaku kecolongan dengan beredarnya foto tersebut. Foto diambil dari pabrik baru Kawasaki di Cibitung, yang sudah beroperasi mulai bulan Januari 2014 ini.

Dalam foto yang menjadi gunjingan bikers di dunia maya tersebut memperlihatkan dua varian yang siap digelontorkan, yakni versi full fairing dan naked dengan rangka teralis.

Jika benar foto penampakan diambil dari pabrik baru KMI, boleh jadi Ninja 250 silinder tunggal ini merupakan produk baru CKD yang siap dilepas ke pasar tahun ini. Soal ini pihak KMI masih bungkam Ninja 250 baru dibuat di pabrik Cibitung.

Sosok Kawasaki Ninja 250 Silinder Tunggal

Pabrik baru di Cibitung merupakan gabungan dari Indonesia dan Jepang. Kapasitas pabrik Kawasaki yang baru punya kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. Itu di luar pabrik Kawasaki Pulo Gadung.

Selain CKD, pabrik Cibitung menyediakan ruang lebih bagi tempat penyimpanan moge-mogenya yang mampu menampung moge sebanyak 5.000 unit dari sebelumnya 2.500 unit (pabrik Pulo Gadung).

Di luar motor-motor CBU yang sudah ada, Kawasaki berencana pula menghadirkan delapan motor baru. Tidak disebutkan apakah semuanya adalah CBU. Dari 8 model, salah satunya diduga kuat adalah varian Ninja 250 silinder tunggal.

Menariknya, selain menelurkan Ninja 250 satu silinder, Kawasaki juga dikabarkan akan memperkenalkan bebek (moped) baru tahun ini. Semuanya merupakan bagian dari 8 produk baru yang siap menyapa pasar roda dua Indonesia tahun 2014.

Sosok Kawasaki Ninja 250 Silinder Tunggal - Iwanbanaran

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu: