Hyundai minta maaf, iklan gagal bunuh diri dalam mobil

Hyundai minta maaf, iklan gagal bunuh diri dalam mobil

Raksasa otomotif Hyundai meminta maaf kepada publik atas iklan kontroversial Hyundai ix35 yang menampilkan adegan percobaan bunuh diri. Iklan yang dibuat The Agency Innocean Europe untuk divisi Hyundai di Inggris, guna menunjukkan Hyundai ix35 tidak mengeluarkan emisi berbahaya.

"Hyundai Motor sungguh meminta maaf atas iklan ofensif ini. Iklan ini bertentangan dengan nilai-nilai kami sebagai perusahaan dan sebagai anggota dari masyarakat," sebut Hyundai Motor dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Autonews Selasa (30/04).

"Kami sangat menyesal untuk setiap pelanggaran dan efek dari video ini. Hyundai meminta maaf kepada semua yang secara pribadi terpengaruh karena tragedi serupa," tambah mereka.

Hyundai Motor kemudian mengatakan bahwa iklan tersebut tidak diminta oleh mereka. Mereka juga tidak pernah menyetujuinya, namun karena terlanjur tersebar di YouTube dan kritik bertebaran di media sosial, pabrikan asal Korea Selatan itu pun akhirnya menghapus iklan tersebut. Namun beberapa video yang sama sudah tersebar di Youtobe dengan pengunggah yang berbeda.

Rata-rata pengkritik berpendapat bahwa iklan ini dapat memicu seorang mencoba trik bunuh diri yang sama dengan mobil mereka, atau mengingatkan mereka pada kenangan buruk kejadian bunuh diri yang dialami.

Dalam video iklan tersebut ditampilkan seorang pria yang mencoba untuk bunuh diri di dalam garasi tertutup. Kemudian ia menyalakan mesin mobilnya lalu duduk di dalam kabin dengan menyambungkan pipa knalpot menggunakan selang yang diarahkan ke dalam kabin mobil, dengan "harapan" gas buang dari knalpot mobil akan membuatnya tewas teracuni di dalam kabin mobil yang tertutup.

Upaya bunuh diri tersebut gagal, karena Hyundai ix35 menggunakan teknologi fuel cell yang membuat emisi pembuangan mobil tersebut hanyalah berupa uap air. Setelah upaya bunuh diri yang dilakukannya gagal, pria tersebut membuka pintu garasi dan kembali ke rumahnya. Kemudian muncul teks di layar video, "The New IX35 with 100% water emissions".(kpl/)

© PT Topindo Atlas Asia 2024