Inovasi dan mutu parts handmade

Inovasi dan mutu parts handmade

Komponen handmade tidak sekadar penghias semata, juga berfungsi sebagai onderdil sesungguhnya. Tingkat kemampuan dan kekuatan harus sesuai spek standar. Jika faktor ini diabaikan, justru membahayakan si pengendara motor.

Menurut Joe Begundalz dari Graha Motor Works, Jakarta, secara definisi kegunaan komponen handmade dapat dipisahkan berdasarkan tujuan penggunaannya yaitu orisinal dan inovatif. "Tetapi keduanya tetap terkait aspek fungsional," katanya.

Joe mencontohkan engine guard kenapa harus dari plat atau pipa tebal. "Karena fungsinya untuk melindungi mesin, motor dan si bikers bila terjatuh. Jika plat atau pipanya tipis, dijamin bikers-nya ikutan luka," tegasnya. Bahkan yang terpenting, tidak melanggar aturan lalu lintas.

Selanjutnya, Joe menjelaskan handmade mengacu orisinal lebih menitikberatkan pada sisi orisinalitas motor. Detil komponen dibuat presisi dengan mengacu pedoman manual. Berbeda dengan handmade inovatif, tidak menuntut harus persis dengan aslinya.

Komponen Motor Handmade

Sebaliknya, Coco pemilik Coco Motor di Utan Kayu, Jakarta Timur menuturkan, handmade orisinal yang menuntut keaslian sesuai acuan detil pabrikan mengekang kebebasan berkreasi menuangkan ide. Jika demikian, nyaris tidak ada beda dari komponen aftermarket atau stok yang banyak beredar di pasaran dan mudah ditemui.

Sedanngkan handmade inovatif menghadirkan sisi kreatifitas. Dengan kata lain memilih bentuk inkonvensional. "Handmade inovatif dan kreatif banyak digemari, karena memberi kesempatan menuangkan ide ekstrem ke motor," ungkap Coco.

Artikel Terkait

13 Aksesori Thailand Bikin Garang Adventure X-Ride

Reevu MSX-1, Helm Berkaca Spion Dalam

Arai XD 4, Gabungan Gaya Motocross dan Streetbike

Spongebob 'Bobster Bash' dari Helm GM

(kpl/tr/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024