Kampas kopling AHRS fleksibel dipakai balap dan harian

Kampas kopling AHRS fleksibel dipakai balap dan harian

Kampas kopling ( clutch plate ) adalah sisi penting penghantar tenaga pada mesin sepeda motor. Bila bahan bakunya tidak berkualitas akan menyebabkan kendala ataupun permasalahan dalam penggunaaanya.

Ciri material atau bahan baku kampas kopling yang tidak berkualitas adalah material organic-nya yang kurang kuat menahan gesekan pada rpm tinggi, sehingga tidak bisa menghasilkan akselerasi yang prima. Kualitas seperti itu mengakibatkan slip,jika mesin berada pada suhu panasnya.Akibatnya akan terjadi penurunan performa, yang akan merembet kepda tenaga mesin yang loyo.

AHRS berhasil mengembangkan Ceramic Clutch Plate (plat kopling dengan material lceramic). Kampas kopling ini konsisten dalam menghasilkan gaya gesek maksimal pada bagian kopling sehingga mengoptimalkan akselerasi motor. Material dijamin optimal dan tangguh pada saat suhu mesin cenderung lebih panas.

Kampas Kopling AHRS

Clutch Plate AHRS akan membuat mesin motor jadi sempurna memiliki performa tinggi. Kampas kopling keramik dari AHRS ini telah teruji sukses pada mesin motor balap dan di ujicoba saat turing berjarak tempuh sangat jauh.

"Kampas kopling ini umurnya bisa 30.000 km, atau 3 tahun. Kami sudah memasok (OEM) untuk beberapa pabrikan Jepang dan terbukti tahan. Kami tidak sebut pabrikan motornya, tapi mereka memakai produk kita," ujar Andi Nugroho, Quality Control Staff, PT FCC Indonesia selaku pembuat kampas kopling AHRS.

"Bahkan bisa dipakai balap. Jadi bisa dipakai untuk harian, bisa dipakai juga buat racing," tambahnya.

Menurut Andi, dengan akselerasi prima dan anti-slip pada clutch friction, menjadikan tenaga yang dihasilkan motor sempurna terpakai sehingga mengefektifkan konsumsi bahan bakar pada motor.

"Material plate dan bahan ceramic telah dipergunakan pada balapan-balapan international saat ini. Ini juga dipakai oleh tim balap AHRS, dan kita sudah merisetnya, hasilnya cukp optimal," terang Andi.

Kampas Kopling AHRS

Kampas kopling AHRS ini memakai bahan ramah lingkungan, dan hasil sisa clutch friction tidak membahayakan lingkungan. "Penggunaan clutch plate dengan material yang telah banyak digunakan pada negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika," bebernya.

Clutch plate AHRS ini tersedia untuk segala jenis speda motor, seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Yamaha Vixion, Suzuki Satria F150, Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Ninja 150, Yamaha New Jupiter Z1, Kawasaki KLX 150, Kawasaki Kaze, Jupiter Z, Jupiter MX 2009.

Selain itu masih ada Jupiter MX 135, Jupiter Modified (FR 80), Honda Blade, Honda Absolute Revo, Honda CBR 250, Honda CBR 150, Honda Supra X 125, Honda Supra X, Yamaha Byson, Yamaha RX-King, Suzuki Smash, dan Suzuki Shogun.

"Kalau harga bervariasi. Misalnya untuk Supra 125, Vega, dan Karisma harganya Rp 95 ribu. Honda Blade sekitar Rp 85 ribu. Harga itu untuk Jabodetabek, tapi kalau diluar wilayah itu berbeda 2 persen, lebih mahal tinggi sedikit," tutup Andi.

(kpl/nzr/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024