Kawasaki siapkan Ninja 150cc versi 4-tak?

Kawasaki siapkan Ninja 150cc versi 4-tak?

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tampaknya mulai tertarik bermain di segmen motorsport kelas 150cc 4-tak. Gelagat tersebut terendus, saat sebuah lembaga survey diminta KMI untuk melakukan riset dan jejak pendapat ke beberapa perwakilan komunitas motor beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kebetulan, KapanLagi.com®, yang ikut dalam kelompok yang disurvey mendapati, KMI memperlihatkan beberapa sketsa gambar motorsport untuk dimintai pendapatnya. Tim lembaga survey menanyakan kapasitas mesin, horse power dan model paling menarik kepada perwakilan bikers.

Namun sayang, peserta tidak diijinkan mengambil gambar. Semua alat komunikasi dan perekam tidak boleh dibawa masuk, dan dititipkan pada panitia survey.

Yang paling mencolok adalah dua gambar sport 150cc full fairing (deltabox) dan naked bikesemi fairing berangka tobular. Sketsa keduanya banyak dipilih dan disukai. Modelnya sangat keren, agresif, sporty dan macho. Kalau mau jujur, desain keduanya lebih oke ketimbang Honda CBR 150R dan Yamaha R15.

"Jadi, dua gambar inilah yang menurut Anda paling bagus dan cocok untuk menggambarkan motorsport 150cc Kawasaki yang akan datang. Mayoritas yang ada di sini menginginkan motor punya tenaga besar dan cepat," ucap salah seorang tim surveyor kepada kelompok orang yang dimintai pendapatnya.

Boleh jadi salah satu gambar yang paling banyak disukai dan dipilih akan dijadikan platform untuk Ninja 150cc 4-tak yang bakal diluncurkan KMI di masa datang. Konon, kabarnya, motor ini menggelinding akhir tahun 2012 atau 2013. Pihak KMI belum mau mengkonfirmasi soal kehadiran sport 150cc versi mesin 4-langkah.

"Coba pertanyaannya lebih dalam, lebih lengkap ke mereka (orang yang disurvey), desain dan mesin Kawasaki seperti apa yang disukai," tandas seorang staf ahli KMI berkewarganegaraan Jepang kepada seorang staf lembaga surveyor.

Kemungkinan, masih butuh waktu lama bagi KMI untuk merilis motor kelas sport premium 150cc 4-tak, mengingat all varian Ninja 2-T masih menjadi andalan penjualan KMI saat ini, atau setidaknya 1 tahun ke depan. Apalagi, KMI sudah memastikan kepada KapanLagi.com®, bahwa Ninja RR facelift bakal meluncur awal tahun depan 2012.

Line-up Ninja 2-stroke merupakan merupakan model yang paling besar menyumbangkan angka penjualan KMI, mengalahkan Ninja 250R maupun Edge dan dan Athlete.

Sebelumnya diberitakan di situs ini, KMI akan melakukan facelift pada Ninja RR. Perubahan mayoritas terjadi pada body, dengan garis lekukan tajam, mencirikan motorsport generasi teranyar. Motor ini diprediksi menggelinding kwartal pertama tahun 2012.

"Ya benar, akan ada perubahan pada Ninja RR, namun tidak dijual sekarang, tapi tahun depan," kata Freddyanto Basuki, Manager Marketing & Promosi Dept. KMI pada KapanLagi.com®, beberapa waktu lalu.

Ninja RR 150 terbaru yang beredar di dunia maya jelas terlihat bahwa tampilannya lebih sporty dari pendahulunya. Bersamaan dengan peluncurannya nanti, Kawasaki juga menyiapkan fitur tambahan single seater sebagai opsi. Karena body belakang sudah mengalami perubahan, single seater untuk Ninja RR mendatang tidak bisa dipasang pada model sebelumnya.

Sasis tetap menggunakan rangka tobular. Pada sektor rangka kini warnanya kembali ke era ZX-KRR 150 pertama kali diluncurkan, yakni silver. Berbeda dengan versi sebelumnya, yakni full hitam. Senada dengan velg, pada tabung shock depan Ninja RR minor change kini berwarna hitam, pada model sebelumnya dilaburi cat emas (gold) dan perak (silver).

(kpl/nzr/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024