Kia Rio dan Suzuki Swift city car teraman

Kia Rio dan Suzuki Swift city car teraman

Indonesia sepertinya harus mempunyai lembaga yang bisa menilai kelayakan dan keselamatan dari sebuah mobil yang baru saja dikeluarkan sebuah pabrikan otomotif. Karena mengingat tingkat kecelakaan kendaraan di tanah air cukup banyak terjadi.

Seperti yang disampaikan Caradvice Senin (16/04), Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Baru di Australia (ANCAP : Australian New Car Assessment Program) mengeluarkan keterangan resmi bahwa city car Kia Rio dan Suzuki Swifttelah meraih predikat mobil teraman.

Sebenarnya ada beberapa mobil yang berhasil mendapatkan nilai lima bintang setelah melalui rangkaian uji tabrak depan, samping dan belakang yang telah dilakukan lembaga tersebut yaitu Toyota Camry, Kia Rio dan Suzuki Swift Sport.

Dan dari hasil pengujian, kedua mobil mengumpulkan nilai sama 15,68 dari maksimum 16 poin pada uji tabrak depan. Kemudian efek di ruang kabin yang tidak terlalu ringsek juga menjadi bahan pertimbangan.

Walau mendapat nilai tinggi, ada catatan khusus diberikan karena teridentifikasi adanya risiko cedera di dada dan kaki pengemudi yang cukup serius. Sementara pada tes tabrak samping meraih 15,8 dari 16. Total dengan perhitungan perangkat keselamatan lain meraih total 35,55 dari nilai maksimum 37 maka dari itu berhak mendapat 5 bintang.

Di saat yang bersamaan, ANCAP juga mengumumkan hasil tes yang dilakukan pada varian Jeep Compass. Secara total nilai yang dikumpulkan hanya 29,21 dari 37 sehingga hanya meraih 4 bintang yang sebelumnya hanya 2 bintang dari Euro NCAP.

Untuk tes tabrak depan hanya mengumpulkan nilai 11,21 dari 16, sedangkan tabrak samping meraih nilai sempurna yaitu 16. Total poin tersebut terganjal oleh uji tabrak bagi pejalan kaki.

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024